Prestasi membanggakan kembali diraih oleh dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Mereka yakni Firlia Indah Fathunnisa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Aurora Magenta Diva dari program studi Sastra Inggris.  

Setelah melewati proses seleksi yang panjang, keduanya berhasil lolos sebagai penerima beasiswa Erasmus Plus 2023 di Sofia University Bulgaria pada Februari hingga Juni mendatang. Beasiswa tersebut merupakan kerja sama antara UMP dengan Sofia University yang dibiayai penuh oleh Uni Eropa. Ini bukan pertama kali bagi UMP mengirimkan wakil terbaiknya ke benua Eropa, melainkan sudah ada banyak mahasiswa sebelumnya.

 “Sebelum mengikuti seleksi, saya telah menyiapkan nilai tes TOEFL dan IELTS. Ada IPK serta motivation letter juga menjadi syarat. Selanjutnya saya mengikuti proses interview dengan ketua program studi,” jelas Firlia saat dihubungi di Purwokerto pada Jum’at (13/1/2023).

 Lebih lanjut, Firlia mengaku sangat terbantu dengan peran serta dari prodi maupun fakultas. Ia berharap dengan kesempatan tersebut dapat memperoleh pengalaman juga pengetahuan yang baru.

 “Saya berharap bisa belajar banyak di sana dan program ini dapat bermanfaat baik untuk saya sendiri maupun untuk orang lain. Dengan adanya beasiswa ini semoga UMP bisa lebih dikenal baik di kancah internasional,” terangnya.

 Senada dengan hal itu, Aurora Magenta juga menjelaskan persiapannya dalam mengikuti seleksi beasiswa tersebut yang terbilang cukup singkat. “Kurang lebih hanya dua minggu. Jika saya tarik ke belakang, proses pendaftaran berlangsung dengan ‘pace’ yang luar biasa cepat,” tuturnya. Keduanya mengaku sangat senang mendapatkan kesempatan emas tersebut. Hal itu juga tak lepas dari peran masing-masing prodi yang sangat membantu dan memfasilitasi mereka. 

“Prodi maupun fakultas sangat membantu kelancaran saya dalam berproses, khususnya dalam hal pengurusam dokumen yang saya lihat sangat cepat dan responsif,” jelas Aurora. Aurora juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan kepercayaan kepadanya dan rekannya itu. 

“Mudah-mudahan ke depannya lebih banyak lagi mahasiswa UMP yang mendapat kesempatan International Exposure melalui program credit transfer, seperti Erasmus Plus ini. Untuk teman-teman yang membaca, saya ingin berpesan; yes I know its hard, but its all worth it,” pungkasnya. (zah/tgr)

sumber : ump.ac.id

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *