Visi

Menjadikan Biro yang mampu menyiapkan mahasiswa berprestasi kelas internasional dan berkarakter Islami.

Misi

  1. Memberikan layanan dan dukungan kepada mahasiswa yang berorientasi pada pencapaian prestasi dan terbentuknya karakter Islami.
  2. Menyelenggarakan pelatihan Softskill kepada mahasiswa dalam usaha pembentukan karakter Islami.
  3. Mengirimkan mahasiswa dalam berbagai event perlombaan baik bidang penalaran maupun minat bakat.
  4. Mendukung Pemberdayaan Alumni

Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Muhammadiyah Purwokerto berdiri pada tahun 2012. Tugas pokok dan Fungsi yang diberikan kepada BKA UMP adalah : pertama permohonan kebutuhan mahasiswa. Kedua, pelayanan keuangan lembaga mahasiswa. Ketiga, pelayanan beasiswa. Terakhir, kosultasi kegiatan mahasiswa. Selain itu, sebagai supporting unit  BKA UMP memiliki 6 pusat kelembagaan yaitu Student Corner, Student Scientific Center (SSC), Student Dicipline Center (SDC), Student Adversory and Training Center (SATC), Career Development Center (CDC), dan Islamic Student Business Incubator (ISBI).

4 Center BKA

1. Student Scientific Center (SSC)

Bertugas memfasilitasi Mahasiswa dalam bidang ilmiah, bidang sosial kemasyarakatan seperti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Program Holistik Pembinan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang dibimbing hingga lolos pendanaan. Selain itu, akan ada pemilihan mahasiswa berprestasi yang diadakan setiap tahun, mulai dari tingkat program studi sampai tingkat nasional.

2. Career Deevelopment Center (CDC)

Bertugas untuk membantu mempersiapkan dan mengoptimalkan calon wisudawan dalam mengahadapi dunia luar, khususnya dunia kerja setelah lulus dari kampus yang bertujuan menjembatani para mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan mentoring melalui pelatihan dari CDC guna mendukung job seeking training, entrepreneurship student expo, job fair, dan Walk in interview.

3. Student Advisory and Training Center (SATC)

Merupakan pusat training mahasiswa dalam membentuk softskill melalui kegiatan SPECTA dan GREAT selama menjalani masa perkuliahan. Selain itu, SATC juga menyediakan layanan konsultasi bagi mahasiswa dalam bidang pendidikan, kesehatan mental, permasalahan pribadi, dan diskusi seputar kehidupan perkuliahan. Layanan konsultasi dilakukan  oleh Psikolog dan tenaga ahli dibidangnya sesuai kebutuhan mahasiswa.

4. Student Discipline Center (SDC)

Bertugas membantu dalam menertibkan tata aturan yang ada di lingkup kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Seperti mendengarkan dan menyelesaikan permasalahan yang diadukan kepada SDC, kemudian melakukan berbagai upaya agar permasalahan tersebut tidak berlanjut ke ranah hukum.

Fasilitas BKA

STUDENT CORNER

Fungsi dari student corner meliputi :

  1. Sebagai pusat pelayanan administrasi kemahasiswaan seperti : Surat menyurat, pengajuan proposal kegiatan dan laporan kegiatan mahasiswa.
  2. ruang untuk pengambilan gambar ataupun video yang aesthetic

ISLAMIC STUDENT BUSINESS INCUBATOR (ISBI)

Fungsi dari ISBI :

Sebagai wadah pengembangan potensi kewirausahaan mahasiswa dan stakegholder