Layanan Penalaran dan Keilmuan

Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM adalah sebuah wadah/ajang bagi mahasiswa Indonesia untuk menyalurkan potensi yang dimiliki selama perkuliahan kepada masyarakat luas, agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

PKM dikelompokan menjadi 3, yaitu:

  • PKM 5 Bidang terdiri dari PKM-R, PKM-K, PKM-PM, PKM-PI dan PKM-KC
  • PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK)
  • PKM-AI dan PKM-GT

Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia atau PKMI adalah Workshop Kewirausahaan yang bertujuan untuk peningkatan kapasitas berwirausaha mahasiswa Indonesia dalam menjalankan dan mengembangkan usaha. Selanjutnya dilaksanakan Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang menekankan pada pendanaan pengembangan usaha mahasiswa dan Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) yang memberikan skema akselerasi bagi mahasiswa yang memiliki usaha startup digital.

KBMI

ASMI

Usulan usaha yang dapat diajukan pada program KBMI adalah usaha bukan digital atau startup dengan kategori usaha sebagai berikut:
1.      Makanan dan minuman
2.      Jasa dan perdagangan
3.      Industri kreatif
4.      Produksi/budidaya
5.      Teknologi terapan

Startup Fund harus digunakan untuk mempercepat pengembangan startup dan menyelesaikan kendala yang dihadapi dengan kriteria penggunaan sebagai berikut:
1.      Infrastruktur
2.      Aplikasi
3.      SDM
4.      Bahan habis pakai

Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa atau PHP2D adalah kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Mahasiswa pelaksana PHP2D ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Di sisi lain, masyarakat desa diharapkan mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang sudah ada untuk diwujudkan menjadi kegiatan nyata atau mengembangkan kegiatan yang telah dirintis masyarakat menjadi lebih berkembang dan bermanfaat sehingga dapat mewujudkan ketahanan nasional di wilayah Republik Indonesia.

Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa yang sangat bermanfaat baik untuk memajukan Desa dengan cara menumbuhkan rasa peduli Mahasiswa, Implementasi Kompetensi Mahasiswa di Masyarakat dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera.

Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV). Program dengan tujuan untuk mendorong mahasiswa dalam berwirausaha, termasuk model pengembangan usaha yang dimiliki oleh mahasiswa.

Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) merupakan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan desa menuju tahap paripurna guna menindaklanjuti beragam hasil kegiatan pembinaan dan pemberdayaan desa yang telah dilakukan oleh organisasi mahasiswa di tahun sebelumnya di desa yang sama.

Program Wira Desa adalah program pertumbuhan dan perkembangan kegiatan kegiatan wirausaha yang ada di desa, baik usaha kelompok dan atau usaha individu, usaha lama dan atau usaha baru yang berpotensi menjadi penggerak perekonomian desa dan menjadi salah satu keunggulan desa ( “brand desa”).

Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau KNMIPA merupakan lomba tingkat mahasiswa yang mengujikan salah satu mata bidang kimia, fisika, biologi, dan matematika. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) merupakan dukungan Pusat Prestasi Nasional terhadap perkembangan keilmuan statistika dan sains data secara umum. Dengan upaya untuk meningkatkan soft skill, teknologi,informasi, data, dan sumber daya manusia.

National University Debating Championship (NUDC) adalah lomba debat untuk mahasiswa tingkat nasional yang menggunakan bahasa Inggris. … Sistem ini adalah sistem yang digunakan dalam World University Debating Championship (WUDC) atau lomba debat antar perguruan tinggi tingkat dunia.

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) adalah lomba debat untuk mahasiswa tingkat nasional yang menggunakan bahasa indonesia. Kompetisi di bidang debat berbahasa Indonesia merupakan salah satu kegiatan aktualisasi diri bagi mahasiswa Indonesia.

Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Untuk pesertanya sendiri diikuti oleh mahasiswa program sarjana atau program diploma.

Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan merupakan kompetisi yang tidak hanya mengevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidang ilmu, tetapi juga merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan kemitraan antara akademisi, dunia usaha dan pemerintah.

Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) adalah kegiatan yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill, literasi teknologi dan prestasi pada Revolusi Industri 4.0. Kegiatan LIDM ini dimaksudkan  menjadi salah satu wahana dalam membentuk mahasiswa bertalenta di bidang Inovasi Digital mempersiapkan lulusan yang mampu memecahkan masalah melalui berbagai inovasi dan digitalisasi.

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) adalah kompetisi pesawat tanpa awak (UAV) paling bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ristekdikti) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang diperuntukkan bagi seluruh universitas di Indonesia. KRTI diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa, kerjasama tim dan pemikiran kritis dalam mencari inovasi di dunia penerbangan.

GEMASTIK merupakan ajang kompetisi di bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diperuntukkan bagi mahasiswa aktif di seluruh perguruan tinggi Indonesia. Adapun, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan implementasi kebijakan Kampus Merdeka.

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika.

KRI diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kontes Robot Indonesia ini dapat diikuti oleh oleh tim mahasiswa pada Perguruan Tinggi yang tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTBN)  merupakan salah satu agenda penting bidang kemahasiswaan pada Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Tujuan dari penyelenggaraan KKCTBN  untuk ikut andil dalam sumbangsih pemikiran pembuatan inovasi desain, pembuatan prototipe dan kontes performa prototipe kapal selam dan kapal permukaan dengan dilengkapi dengan teknologi digital, Menumbuhkan dan melatih mahasiswa untuk kreatif, inovatif dan produktif dalam hal membuat inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe dan kontes performa prototipe kapal selam dan kapal permukaan, menumbukan jiwa nasionalisme dan patriotisme untuk menjaga kedaulatan NKRI, Melatih mahasiswa untuk melakukan kerjasama team.

 

Merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ristekdikti) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

tujuan diselenggarakannya Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) adalah mendorong dan menumbuh-kembangkan motivasi (minat) mahasiswa dalam bidang rancang-bangun bangunan gedung dengan memperhatikan unsur kreativitas di dalam desainnya, selain kehandalan di dalam menahan bencana gempa bumi serta untuk memperkenalkan penggunaan material baja canai dingin dan kayu sebagai komponen struktural khususnya untuk bangunan Gedung.

Kompetisi Jembatan Indonesia merupakan suatu kompetisi yang dilaksanakan secara paralel yang melombakan desain atau rancangan jembatan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan kegiatan yang diadakan untuk mengapresiasi hasil inovasi dan kreasi mahasiswa dalam merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit, serta ramah lingkungan.