Berita

Mahasiswa Agribisnis UMP Berhasil Meraih Juara 1 Lomba Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupanten Banjarnegara

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO-Gladi Melania Kartika Nuswantari, mahasiswa Agribisnis semester 6 berhasil meraih juara 1 dalam ajang Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupanten Banjarnegara. Mahasiswa semester 6 ini bersaing dengan seluruh peserta dari perwakilan sekolah-sekolah, pik-r kecamatan dan remaja umum se-kabupaten Banjarnegara. Rangkaian acaranya dimulai dari 23 Maret sampai grand final 3 April 2021. Diselenggarakan oleh DISPERMADES PPKB kabupaten Banjarnegara tahun 2021.

Diadakannya ajang Pemilihan Duta GenRe kabupaten Banjarnegara tersebut bertujuan sebagai role model remaja dan mitra keluarga yang menjalankan hidup sehat, menguasai substansi program genre dan berbakat. Duta GenRe kabupaten Banjarnegara adalah remaja pilihan yang terbebas dari freesex, NAPZA dan pernikahan dini. Memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan remaja di sekitarnya, edukatif, inovatif, kreatif dan penuh inspirasi. Duta GenRe Kabupaten Banjarnegara siap menjadi Agen of change yang terus berupaya menekan angka kasus pergaulan bebas dan pernikahan dini di kalangan remaja.

Untuk mengikuti ajang kompetisis tersebut, Gladi tak lupa mempersiapkan diri dalam bersaing dengan peserta yang lainnya. Dia menyiapkan beberapa aspek mulai dari mempersiapkan bakat, substansi dan melakukan aksi nyata sebagai wujud keseriusannya untuk menyebarkan virus Genre kepada remaja dan masyarakat pada umumnya. Seperti yang pernah dilakukannya saat tergabung dalam Pik-Ma Youth Center UMP sejak 2019, dan menjadi Duta Generasi Berencana Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2019, sehingga dia mudah untuk mendapatkan akses dalam belajar dan mendalami Generasi Berencana dari pikma-Youth Center UMP untu persiapan Lomba Duta Generasi Berencana Kab. Banjarnegara. Hingga sekarang pun masih tergabung dalam Pik-Ma Youth Center UMP, menjabat sebagai Wakil Kepala Divisi Pendidik Sebaya.

Berkat prestasi yang diraih Gladi, harapan dari Fatin Rohmah Nur Wahidah, S.Psi., M.Psi., sebagai pembina mengatakan bahwa melalui ajang pemilihan Duta Genre tersebut mampu berkontribusi nyata bagi pembangunan SDM di Kabupaten Banjarnegara, khususnya remaja melalui Program GenRe. Menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam mengedukasi generasi muda, dan menjadi pioner perubahan di tengah pergaulan remaja serta mampu berprestasi membawa nama baik daerah tercinta.

Harapan dari Gladi melalui pemilihan duta GenRe di kabupaten Banjarnegara mampu meneruskan estafet perjuangan Generasi Berencana (GenRe) sebelumnya, sebagai role model dalam aksi nyata kepada remaja khususnya dan masyarakat pada umumnya. Mampu menekan angka seks pra-nikah dan kenakalan remaja, pengguna Napza, pernikahan anak dengan edukasi dan sosialisasi serta pendekatan persuasif melalui media sosial maupun secara langsung.

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA