Berita

Tim Mahasiswa UMP Juara 3 Lomba Tari Tradisional Tingkat Nasional

Minggu,  14 Maret 2021 telah dilaksanakan lomba PGSD Berkarya ke-VI oleh HMPS PGSD Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Dalam kegiatan tersebut ada 3 cabang lomba yaitu lomba video pembelajaran kreatif mahasiswa tingkat nasional, video pembelajaran guru tingkat nasional serta lomba tari tradisional tingkat nasional.

Kegiatan lomba dilakukan secara virtual, begitu pula dengan lomba tari tradisional mahasiswa tingkat nasional. Universitas Muhammdiyah Purwokerto mengirimkan satu tim tari yang terdiridari 3 mahasiswa yaitu Annida Rizqi Devyani Husna (PGSD). Fira Fahmi Fioni (PGSD) dan Galuh Chandradewi (Psikologi). Dalam kegiatan lomba tersebut, tim tari yang mewakili UMP sekaligus prodi PGSD UMP ini, membuat karya dengan judul “ Tari Jagratara”. Karya tari ini merupakan karya dari ketiga  anggota tim tari tersebut. Pengumuman kejuaraan  lomba PGSD Berkarya VI yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Sukabumi dilakukan pada tanggal 20 Maret secara virtual via zoom. Dari pengumuman tersebut diketahui bahwa Tim Tari Jagratara Universitas Muhammadiyah Purwokerto berhasil menduduki posisi Juara 3 Tari Tradisional tingkat Nasional.

Tari Jagratara merupakan tari kreasi baru yang digarap oleh ketiga mahasiswa tim tari tersebut dengan mengangkat isu mengenai pandemi covid-19. Pada proses penggarapan karya tari tersebut, mahasiswa dibantu oleh Ibuu Okto Wijayanti, S.Pd., M.A. selaku pembina tari dan pelatih sekaligus dosen Prodi PGSD Univversitas Muhammadiyah Purwokerto. Kegiatan lomba ini merupakan lomba tari pertama yang diikuti di era pandemi covid-19 dengan cara virtual.

Dengan merebut Juara 3 tari tradisional tingkat nasional ini, harapan tim Tari Jagratara semoga pada event tari selanjutnya dapat memeperoleh prestasi yang lebih baik lagi. Serta dari pembina yaitu Ibu Okto Wijayanti, S.Pd., M.A. mengharapkan dengan didapatkannya juara 3 lomba tari tradisional di era pandemi  covid-19 ini agarmahasiswa dapat memiliki jiwa kompetensi yang baik, memiliki karakter juang dengan cara mengasah kreatifitas. Kepercayaan diri dalam berkarya melalui seni tari dengan lebih baik dengan dukungan yang baik dari Universitas.

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA