Berita

Super Camp Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto Tahun 2021

Purwokerto, Pada Tanggal 16-17 Februari 2021, Universitas Muhammadiyah Purwokerto menyelenggarakan kegiatan Super Camp yang bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) tahun akademik 2020/2021. Kegiatan pembekalan ini diselenggarakan selama dua hari di Hotel Surya Yudha Purwokerto dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini diikuti oleh 39 perwakilan Mahasiswa Berprestasi dari 10 fakultas di Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan juga dihadiri oleh pembicara berkompeten dari civitas akademika Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang pernah melahirkan mahasiswa berprestasi hingga babak final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional.

Sambutan pertama dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan AIK Akhmad Darmawan S.E., M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan Super Camp bagi Mahasiswa Berprestasi memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan, pemahaman dan memberikan persiapan bagi Mahasiswa Berprestasi. Beliau juga menjelaskan bahwa kegiatan pembekalan ini penting dilakukan, karena mahasiswa harus memahami betul bagaimana menjadi Mahasiswa Berprestasi, paling tidak harus menyadari bahwa menjadi Mahasiswa Berprestasi ini membutuhkan persiapan. Universitas Muhammadiyah Purwokerto telah melakukan pendampingan-pendampingan kepada para Mahasiswa Berprestasi sejak awal mahasiswa masuk di Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan juga melakukan investarisasi mahasiswa yang menjadi kader dari Mahasiswa Berprestasi. Akhmad Darmawan berharap besar kepada para Mahasiswa Berprestasi untuk dapat mempertahankan tradisi juara yang selama ini diraih oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan semoga di tahun 2021 Universitas Muhammadiyah Purwokerto dapat masuk kembali ke babak final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional.

Sambutan kedua oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Efi Miftah Faridli, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan dari Biro Kemahasiswaan dan Alumni dari adanya kegiatan Pembekalan Mahasiswa Berprestasi ini dapat melahirkan mahasiswa berprestasi yang akan berlaga dan berkompetisi di tingkat nasional sesuai dengan sejarah prestasi yang telah dicetak oleh para Mahasiswa Berprestasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto di tahun-tahun sebelumnya. Efi Miftah berpesan untuk tetap semangat dan semoga Mahasiswa Berprestasi dapat menjadikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto semakin baik, berbudaya mutu, akhlak mulia, inovatif dan kolaboratif.

Pembekalan di hari pertama diawali oleh Ragil Setiyabudi, M.Kes. (Epid) yang menjelaskan terkait dengan gambaran umum Pilmapres. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua oleh Dr. apt. Nunuk Aries Nurulita, M.Si. yang menjelaskan mengenai penyusunan naskah Gagasan Kreatif (Sarjana) dan Karya Unggulan (Diploma). Materi ketiga oleh Dr. Ugung Dwi A.W., M.Si., Psikolog, beliau menjelaskan tentang persentasi efektif dan pembuatan PPT. Setelah itu ditutup dengan materi oleh Dr. Ugung Dwi A.W., M.Si., Psikolog, Dr. apt. Nunuk Aries Nurulita, M.Si., Ragil Setiyabudi, M.Kes. (Epid)., dan Abid Yanuar Badharudin, M.Kom mengenai kerja mandiri (Pembuatan Naskah Gagasan Kreatif (Sarjana), Karya Unggulan (Diploma)) dan pendampingan.

Pembekalan di hari kedua diawali dengan kegiatan olahraga dan building team oleh Abid Yanuar Badharudin, M.Kom dan Dr. Ugung Dwi Ario Wibowo, M.Si., Psikolog. Kemudian dilanjutkan materi kelima tentang Dinamika Kelompok, Kepemimpinan, dan Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris oleh Andri Hidayatullah, M.Pd. Setelah itu presentasi Naskah Gagasan Kreatif (Sarjana), Karya Unggulan (Diploma) yang dipandu oleh Dr. apt. Nunuk Aries Nurulita, M.Si.

Penutupan kegiatan pembekalan Super Camp Mahasiswa Berprestasi Periode 2020/2021 yaitu dengan adanya closing statement dari dua peserta dalam Super Camp 2021 ini. Closing statement yang pertama yaitu Endah Safitri dari fakultas hukum, dia merasa sangat senang dengan adanya kegiatan Super Camp ini karena dapat mengenal teman, belajar kepemimpinan, dan juga dapat bertemu dengan para pembicara yang hebat serta Endah Safitri berharap kepada semua peserta Super Camp 2021 semoga dapat menjadi Mahasiswa Berprestasi terbaik. Closing Statement kedua yaitu dari Mohammad Fawwas Abyan, dia mengatakan bahwa dari adanya super Camp ini dapat belajar banyak hal seperti kepemimpinan, kerja tim, dan bagaimana menjadi salah satu orang yang berprestasi di universitas dan bahkan di tingkat nasional. Dia juga berharap semoga dalam agenda selanjutnya waktu pelaksanaannya dapat lebih lama.

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA