Berita

Grand Final Pemilihan Duta Genre Universitas Muhammadiyah Purwokerto Tahun 2021

Sabtu (26/2/2021) PIKMA Youth Center Universitas Muhammadiyah Purwokerto telah melaksanakan kegiatan Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun 2021 dengan mengusung tema “365 Hari Role Model Untuk Remaja” secara offline di Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto dimulai pada pukul 08.45 WIB. Kegiatan ini merupakan program kerja dari PIKMA Youth Center UMP. Acara ini diikuti oleh finalis yang merupakan mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh  Roseyoana Logisian Subekti selaku ketua panitia acara pemilihan duta genre Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun 2021 yang menjelaskan tentang tahapan seleksi pada pemilihan duta genre yaitu technical meeting, edukasi 1, edukasi 2, tes bakat, edukasi 3, tes wawancara dan penyuluhan dan yang terakhir puncak acara grand final dan disampaikan pula jumlah peserta yang mengikuti  pildugen sampai babak grand final berjumlah 19 peserta. Harapan dari ketua panitia bagi para pemenang nantinya semoga bisa mengemban amanatnya dengan baik, dan yang tidak terpilih tetap dianggap sebagai juara karena dapat bertahan dari awal serangkaian acara hingga sampai grand final.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Khofifah Selina Apriana selaku ketua umum PIKMA Youth Center UMP dengan harapan finalis dapat tampil semaksimal mungkin dan pemenang dapat menjadi duta yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Sambutan yang ketiga disampaikan oleh Dra. Diah Pancasila Ningrum sebagai perwakilan dari DPPKBP3A yang menyampaikan bahwa PIKMA Youth Center sudah 10 tahun berdiri dan sebagai pencetus adanya berdirinya PIK di Kabupaten Banyumas, disampaikan pula bahwa tujuan adanya PIKMA supaya remaja tidak menikah muda, say no to free sex, dan tidak menggunakan NAPZA, UMP juga membawa nama baik Kabupaten Banyumas sebagai perwakilan 5 besar dengan duta tahun 2019 atas nama Hilman Taofik Hidayah dari fakultas Farmasi.

Sambutan keempat disampaikan oleh Dr. Jebul Suroso, S.Kp.,Ns. M.Kep selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto, beliau menyampaikan harapan bahwa duta yang terpilih nantinya dapat menyuarakan beberapa hal diantaranya yaitu keluarga yang siap melahirkan anak dengan baik dan tidak stunting, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, sikap mental positif dan lebih memahami materi yang sudah disampaikan, sambutan rektor sekaligus menjadi pembuka acara “Pemilihan Duta Genre UMP tahun 2021”.

Setelah acara dibuka, peserta duta genre UMP 2021 melaksanakan parade dan tarian persembahan para finalis duta 2021 setelah itu MC mengumumkan finalis yang masuk ke 5 besar putri dan 5 besar putra. Setelah pengumuman 5 besar, maka dilakukan tes substansi part 1 untuk menentukan pemenang 3 besar putra dan 3 besar putri dengan cara mengambil lintingan pertanyaan yang sudah disediakan. Kemudian dilanjutkan hiburan serta parade dan drama persembahan dari duta tahun 2020. Setelah itu, dilakukan tes substansi part 2 untuk menentukan juara 1,2,3 putra dan putri. Pertanyaan disampaikan oleh juri, penilaian pun dilakukan oleh keempat juri untuk menentukan pemenangnya.

Setelah ishoma, dilanjutkan puncak acaranya yaitu pengukuhan 3 besar duta genre putra dan putri 2021 dengan Muhammad Ilham Saiful Hadi sebagai juara 1 Duta Genre UMP Putra dari Fakultas Teknik & Sains dan pasangannya Timbang Apit Afifah dari Fakultas Ekonomi & Bisnis, juara 2 diraih oleh Fahri Muhammad Fathul Karim dari Fakultas Farmasi dan pasangannya Diana Hasri Pusparini dari Fakultas Farmasi, dan juara 3 diraih oleh Heri Ali Rifa'i dari Fakultas Teknik & Sains dan pasangannya Washlihatur Ridho dari Fakultas Farmasi. Selama kegiatan berlangsung, acara berjalan dengan baik dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menyediakan tempat untuk mencuci tangan, disediakan hand  sanitizer dan alat cek suhu. Panitia, para tamu undangan dan juri juga tetap menjaga jarak dan menggunakan masker, peserta dan para duta juga mengenakan face shield selama acara berlangsung. Acara ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan seperti  BEM, UKM, PIK-R. Saat akhir acara, peserta, panitia, duta genre 2019, duta genre 2020, finalis duta genre 2021 dan pemenang duta genre 2021 melakukan sesi foto bersama. Kegiatan Grand Final Pemilihan Duta Genre Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2021 dengan tema “365 Hari Role Model Untuk Remaja” berjalan dengan lancar.

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA