Berita

Koordinasi Kemahasiswaan Rayon III

Purwokerto (28/01), Dalam rangka mencapai suatu indikator keberhasilan, Perguruan Tinggi baik Negeri dan Swasta di Bidang Kemahasiswaan saling bekerjasama serta berkolaborasi dengan menyelenggarakan acara secara virtual dengan tema "Koordinasi Bidang Kemahasiswaaan Rayon III Bersama Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Bidang Kemahasiswaaan" pada kamis (28/01).

Kegiatan ini difasilitasi oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan alumini, Efi Miftah, M.Pd sebagai moderator yang diselenggarakan secara virtual melalui zoom dan akun youtube Kemahasiswaan UMP dan dihadiri oleh Ketua Formawa Jawa Tengah Dr Kusni Ingsih, MM, Pembina Paguyuban Rayon III Jawa Tengah ProfDrSugiyartoM.Si, Ketua Rayon III Akhmad Darmawan S.E., M.Si dan seluruh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan Rayon III.

Acara ini dibuka oleh Ibu Dr Kusni Ingsih, MM selaku Ketua Formawa Jawa Tengah. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan beberapa informasi, salah satunya memberitahukan bahwa iuran BAPOMI dalam 1 bulan terkumpul dari 104 Perguruan Tinggi Negeri, 254 Perguruan Tinggi Swasta dan Rayon III kurang lebih 35 dari 95 anggota Rayon III, hal tersebut menjadi sebuah prestasi yang membanggakan. Ibu Kusni pada kesempatan diskusi bersama Lurah Nasional menjelaskan bahwa masih terdapat masalah yang sama pada Perguruan-Perguruan Tinggi, yang berkaitan dengan kejelasan mengenai Indikator Simkatmawa, Pedoman PKM 2021, Agenda Kegiatan Pusat Prestasi Nasional 1 tahun kedepan, Bantuan KIP dan UKT serta Pendidikan Kharakter Organisasai Mahasiswa yang sangat perlu adanya informasi dari pusat kementrian. Selain itu beliau mengatakan, Bidang Kemahasiswaan difasilitasi, namun pada Bidang 3 tidak terdapat anggaran, akan tetapi outcome dari akreditasi 35% dari Bidang kemahasiswaan, oleh karena itu perlu adanya agenda kegiatan LLDIKTI untuk menyambung kegiatan kemahasiswaan yang mana nantinya akan berdampak pada kenaikan prestasi pada LLDIKTI. Ibu Dr Kusni Ingsih, MM juga memberitahukan informasi terkait kemungkinan POMNAS yang akan ditunda tahun 2022, dikarenakan pemerintah sedang fokus terhadap PON 2021, dengan informasi ini diharapkan para perguruan tinggi dapat mendiskusikan bagaimana cara untuk tetap menjalankan kegiatan baik dilakukan secara virtual bagi yang bisa dilakukan secara virtual pada tingkat Rayon III maupun Jawa Tengah. Menyambung terkait iuran BAPOMI apabila iuran tersebut mencapai 200 juta ataupun lebih, dapat dibagi 150 juta untuk POMNAS dan PEKSIMINAS, dimana iuran tersebut diharapkan dapat digunakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan Perguruan Tinggi serta dapat menyesuaikan keadaan dimasa pandemi ini. Pada Rayon I terdapat 2 usulan utama yang menjadi pembahasan yaitu usulan untuk mengangkat peran Bidang Kemahasiswaan dan usulan adanya reviewer internal tentang PKM. Harapan dari Ibu Dr Kusni Ingsih, MM selaku Ketua Formawa Jawa Tengah pada Rayon III Jawa Tengah yaitu adanya 2 usulan yang akan diangkat dan nantinya akan mendatangkan para pakar dibidangnya.

Dalam sambutan kedua dari Pembina Paguyuban Rayon III Jawa Tengah ProfDrSugiyartoM.Si. beliau menyampaikan perlu adanya kesepakatan terkait dengan berbagai kegiatan lintas perguruan tinggi, supaya meminimalisir adanya protes mahasiswa, kemudian terkait dengan SK yang memiliki kontribusi dalam akreditasi dan peran kemahasiswaan dalam akreditasi pelu dipertegas karena memiliki kontribusi yang besar dalam Bidang kemahasiswaan dan Alumni.

Dalam sambutan ketiga dari Ketua Rayon III Akhmad Darmawan S.E., M.Si, beliau menyampaikan bahwa bidang kemahasiswaaan memiliki peran penting dan menjadi indikator keberhasilan sebuah Perguruan Tinggi, oleh karena itu diperlukan kerja sama dan kolaborasi antar perguruan tinggi di masa pandemi ini. Selain itu Bapak Darmawan juga mengatakan beberapa aktivitas kemahasiswaan terdapat panduan pemeringkatan kemahasiswaan maka sangat perlu untuk membuat rancangan dan strategi bagaimana berkolaborasi bersama dan maju bersama pada tingkat Rayon III maupun tingkat Jawa Tengah, bila dilihat dalam kegiatan Simkatmawa.

 Harapan dari Akhmad Darmawan S.E., M.Si selaku Ketua Rayon III dengan adanya diskusi ini dapat merencanakan untuk 11 bulan mendatang terkait dengan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dan menjadwalkan siapa yang bersedia menyelenggarakan acara baik itu tingkat Jawa Tengah ataupun Nasional serta saling mendukung dalam hal pendanaan untuk penunjang kesuksesan kegiatan dan juga dapat menfasilitasi minat bakat dari mahasiswa.

Pembahasan inti dari Koordinasi Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Bidang Kemahasiswaaan. Fajru Sidqi UNIK AL Pekalongan mengatakan terdapat 2 hal yang dapat diangkat yaitu perihal Simkatmawa dan indikator kinerja utama di Kemendikbud. Beliau beranggapan bahwa dalam kegiatan Simkatmawa diperlukan fomulasi seperti pembagaian bidang yaitu minat bakat, seni, olah raga dan penalaran, beliau juga menambahkan untuk beberapa bidang yang kegiatannya dapat diselenggarakan secara virtual. Selain itu Bapak Fajru Sidqi mengatakan perlu adanya PIC setiap bidang untuk mempermudah dalam berkoordinasi. Harapan dari Fajru Sidqi UNIK AL Pekalongan pada Rayon III perlu adanya event sharing.

ProfDrSugiyartoM.Si menambahkan bahwa kompetisi diperlukan untuk seleksi awal ditingkat daerah, yang mana untuk menjadi sebuah prestasi di tahun 2021, sehingga tidak terjadi kekosongan dalam kegiatan. Beliau juga mengusulkan POM Rayon tetap dilaksanakan di tahun 2021, secara selektif dengan disepakati cabang serta tempat pelaksanaan, sehingga tetap ada acara pada lintas perguruan tinggi tingkat  provinsi. Para Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan Rayon III juga sependapat dengan usul dari Fajru Sidqi UNIK AL Pekalongan serta ProfDrSugiyartoM.Si.

Akhir dari Kegiatan Koordinasi Bidang Kemahasiswaaan Rayon III Bersama Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Bidang Kemahasiswaaan yang diselenggarakan secara virtual melalui zoom dengan pembagian PIC perbidang dan pembagian tuan rumah untuk diskusi selanjutnya, kemudian ditutup oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan alumini, Efi Miftah, M.Pd selaku moderator.

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA