Berita

Pencegahan Narkoba di Masa Pandemi Covid-19

Purwokerto (31/12) - Guna mengedukasi dan mencegah penggunaan bahaya narkoba di masa pandemi Covid-19, Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Muhammadiyah Purwokerto bersama dengan GRANAT Purwokerto serta BNN Kabupaten Banyumas menyelenggarakan webinar anti narkoba dengan tema "Pencegahan Narkoba Di Masa Pandemi Covid-19" pada kamis (31/12).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Muhammadiyah Purwokerto ini diselenggarakan secara virtual melalui zoom dan akun youtube Kemahasiswaan UMP yang diikuti kurang lebih 400 peserta yang terdiri dari seluruh civitas UMP, para penerima beasiswa serta masyarakat umum.

Webinar ini dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan AIK Akhmad Darmawan S.E., M.Si. Dalam sambutannya Darmawan berharap dengan adanya webinar ini dapat menjadi upaya preventif bagi semua masyarakat yang ada di Universitas Muhammadiyah Purwokerto terutama bagi para mahasiswa untuk dapat membentengi diri dan lebih memegang teguh nilai religius. Ada beberapa hal yang disampaikan Darmawan terkait penyebab penyalahgunaan narkoba seperti faktor internal, faktor eksternal, faktor geografis dan faktor ekonomi.

Paparan pertama dijelaskan oleh GRANAT Purwokerto, Frans Fadlan. Beliau menjelaskan terkait bahayanya dari efek ketergantungan dari narkoba. Frans menyebutkan bahwa narkoba hanya memberikan efek senang sementara, namun akan berakibat fatal untuk jangka panjang. Selain itu frans juga mengatakan bahwa apabila seseorang sudah ketergantungan dengan narkoba (addict), jika ingin berhenti memiliki risiko yang tinggi dan pengobatannya pun membutuhan proses yang cukup panjang. Frans juga memberikan sebuah pesan untuk mencari kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat seperti olahraga dan seni agar terjauh dari hal-hal yang negatif seperti narkoba.

Paparan kedua dijelaskan oleh perwakilan dari BNN Kabupaten Banyumas. Beliau menjelaskan terkait narkoba (NAPZA), dari mulai pengertian narkotika, penggolongan narkotika, efek penggunaan narkotika, Undang-Undang yang mengatur tentang narkotika, ancaman bagi para pengedar yang diatur oleh Undang-Undang, penggolongan jenis obat dari logo dan yang terakhir penjelasan mengenai bagaimana bila penyalah guna tertangkap.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan alumini, Efi Miftah, M.Pd. memberikan pesan penutup, bahwa dalam pencegahan narkoba memiliki 3 elemen penting yaitu pencegahan, penindakan dan partisipasi dari masyarakat.

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA