Berita

NONTON BARENG FINALIS FFMI “MBAK AYU”

NONTON BARENG FINALIS FFMI “MBAK AYU”

WhatsApp Image 2020 12 30 at 15.06.03 3

Rabu, 30 Desember 2020 bertempat di Aula AK. Anshori lantai 3 Gedung Kantor Pusat Universitas Muhammadiyah Purwokerto,

Ukm Teater Perisai Universitas Muhammadiyah Purwokerto  Berhasil Menjadi Juara Favorit dalam Ajang Festival Film Mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Film ini berjudul Mbak Ayu  yang mengisahkan kisah inspiratif Perjuangan Gadis Desa Yang memperjuangan agar anak-anak di kampungnya  Sentolo Kawat Cilacap Memperoleh Pendidikan yang Lebih tinggi salah satunya lancar dalam Berbahasa Inggris yang menjadi bekal mereka saat tumbuh dewasa. Perjuangan Mbak Ayu menuai tantangan karena bertentangan oleh Ayahnya yang tidak mendukung kegiatan terasebut, Peran Ayah Diperankan Oleh Heri Purnomo, S.E. dan Tidak lupa sosok Ibu yang sangat sabar diperankan oleh Istna Murrahma Mildaeni, M.A.

 

Proses Pembuatan Film Mbak Ayu  dilakukan di Kampung Sentolo Kawat Rt 01 Rw 01 Desa Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap dan dilakukan di Benteng Pendem Cilacap selama 3 Hari.

 

Film Mbak Ayu Beranggotakan Mirza Akmal Sebagai Sutradara, Sakti Pangudi Rahayu S Sebagai Pemeran Mbak Ayu, Kameramen Dimas Apryansyah Subagyo, Iqbalva Demas Wibowo, Budi Setiawan, Penulis Skenario Arsyie Kania Rakhma, Editing Dewangga, Adit Alfian, Bumerman Abu Khusnul, Jody Reza, Lightingman Wiwit Nurohmat, Ridwan Nur Aziz, Make up Tri Wahyuni, Dan Penata Kostum Annisa Indah Setiyani.

 

Keberlangsungan film ini juga dibantu oleh Akhmad Fauzan,M.Pd sebagai ketua Pelaksana , Eko Muharudin, S.S., M.Pd sebagai produser dan Shoni Asmoro, S.Pd Sebagai Sutradara

Pimpinan Universitas Muhammadiyah Purwokerto sukses mengadakan kegiatan nonton bareng, dan penyerahan piagam penghargaan untuk film Mbak Ayu garapan Ukm Teater Perisai yang berhasil menjadi juara Favorite dalam ajang FFMI 2020.

Kegiatan ini bertujuan selain dalam rangka mengapresiasi mahasiswa yang terlibat dalam proses pembuatan film, tapi juga untuk meningkatkan motivasi mahasiswa agar senantiasa terus berprestasi.

Acara yang dimulai pukul 13.00 dengan dibuka oleh pembawa acara untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah. Dilanjutkan doa yang dibacakan oleh perwakilan mahasiswa Silvya Afiningsih dari prodi Teknik Informatika. Kegiatan ini dilaksanakan satu bulan tepat setelah pengumuman kompetisi Fesitival Film Mahasiswa Indonesia 2020.

Soni Asmoro, S. Pd  menyebutkan dalam sambutannya bahwa ia sangat bangga atas kreatifitas serta kerja keras tim FFMI Mbak Ayu yang antusias sejak awal proses pembuatan film sampai akhir pengumuman. “Luar biasa sekali perjuangan mahasiswa ini yang bahkan sampai rela bermalam di lab bahasa untuk memproses film agar dapat selesai sesuai target. Kedepannya semoga mahasiswa bisa tetap solid dalam membuat karya yang lebih baik lagi.”

Efi Miftah Faridli, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni dalam laporan kegiatannya juga menyampaikan rasa bangga serta harapan kepada mahasiswa untuk dapat terus bersemangat dalam mengukir prestasi dalam ajang lomba apapun. Disusul Wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan dan Al Islam Kemuhammadiyyahan, Akhmad Darmawan, S.E., M.Si tidak menyangka bahwa tim dapat memperoleh hasil yang begitu membanggakan pada ajang pertamanya  dalam Festival Film Mahasiswa Indonesia.

“Tanpa kerja keras tim pencapaian ini tidak akan didapat. Kami sungguh tidak menyangka film Mbak Ayu bisa memperoleh juara Favorit pada ajang pertamanya dalam FFMI 2020. Pencapaian mahasiswa ini benar-benar melampaui target yang kami harapkan. Bagi kami sekadar menjadi peserta saja

sudah merupakan suatu kebanggaan, namun ternyata tidak hanya mejadi peserta tim justru mencapai prestasi yang lebih baik lagi sebagai juara favorit,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan menyaksikan bersama film Mbak Ayu yang menceritakan perjuangan seorang mahasiswa sarjana Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam mewujudkan impiannya untuk memperbaiki pendidikan anak-anak pesisir pantai Sentolo Kawat Cilacap. Penghargaan kepada mahasiswa disampaikan langsung oleh Wakil Rektor 3 kepada Mirza Akmal selaku sutradara Film berupa penyerahan piala dan sertifikat. Selain itu tiap anggaota tim film juga diberi hadiah berupa kaos tim yang dibuat secara khusus dengan bertuliskan judul film yang telah digarap. Acara ditutup dengan foto bersama menggunakan kaos seragam bersama jajaran pimpinan yang turut hadir dalam kegiatan.

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA