Berita

Webinar Pik-Ma Youth Center UMP “Overthinking Kills Your Happiness”

Webinar Memperingati Hari Kesehatan Mental Pik-Ma Youth Center Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan mengusung tema “Overthinking Kills Your Happiness”

Sabtu (26/20) Pik-Ma Youth Center Universitas Muhammadiyah Purwokerto  melaksanakan kegiatan memperingati hari Kesehatan Mental pada tanggal 10 Oktober yaitu Webinar Kesehatan Mental dengan mengambil tema “Overthinking kills your happiness” secara online. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Divisi Konselor Sebaya Pik-Ma Youth Center UMP. Peserta Webinar ini bukan hanya dari mahasiswa UMP tetapi ada yang dari luar UMP. Kegiatan ini diawali dengan sambutan ketua umum Pik-Ma Youth Center UMP dan  pembina Pik-Ma Youth Center UMP, baru setelah itu dilanjutkan penyampaian materi oleh Ibu Diah Nurayu K. M.Psi., Psikolog .

Dalam Sambutannya Ibu Fatin Rohmah Nur Wahidah S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku pembina Pik-Ma Youth Center UMP, berharap nantinya acara webinar ini menjadi wawasan baru karena Overthingking ini banyak terjadi pada remaja terutama dampak dari overthingking itu, dan juga berharap webinar ini menjadi webinar favorit. Begitu juga sambutan dari Khofifah Selina Apriana selaku ketua umum Pik-Ma Youth Center UMP periode 2020/2021, dia berharap kegiatan ini menjadi kemajuan ditahun mendatang agar lebih ramai dan lebih baik lagi. Acara webinar dilaksanakan dengan tujuan agar para masyarakat umum terutama remaja lebih mengenal apa itu overthinking dan bagaimana cara menghadapi atau mengatasi overthinking.  Acara ini dilaksanakan dari pukul 08.00 – 11.00 WIB, secara online melalui zoom meeting.

Pemaparan materi oleh ibu Diah Nurayu K. M.Psi., Psikolog sebagai Adult Clinical Psychologist terkait dengan overthingking yaitu sebagai pikiran ruminative, mengganggu, dan penuh kecemasan yang berdampak terhadap tergantungnya kesehatan fisik maupun mental, adapun tips untuk menghadapi overthinking yaitu tahap 1 relaksasi, ada baiknya menstabilkan diri terlebih dahulu, dengan menatur napas menggunakan perut lalu hidung, tahap ke 2 dengan penyelesaian masalah Real-Life Worry, dan tahap ke 3 penyelesaian masalah Imaginative Worry dengan cara menuliskan kekhawatiran, evaluasi bahaya, cari respon alternative.

Di akhir kegiatan peserta dan panitia melakukan foto bersama pemateri, dan pemberian kenang-kenangan kepada pemateri. Kegiatan webinar Kesehatan Mental dengan tema “Overthinking Kills Your Happiness” Pik-Ma Youth Center Universitas Muhammadiyah Purwokerto berjalan dengan lancar.

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA