Berita

Webinar Nasional Dalam Rangka Memperingati World AIDS Day Pik-Ma Youth Center Bersama CIMSA Universitas Muhammadiyah Purwokerto Berlangsung Di Tengah Pandemi

Sambutan dari Bapak Akhmad Darmawan, S.E., M.SI selaku Wakil Rektor 3 pada kegiatan Webinar nasional dalam rangka memperingati World Aids Day yang dilakukan secara daring (online), Minggu 20 Desember 2020

WhatsApp Image 2020 12 21 at 9.15.47 AM 1

 

Minggu (20/12) menjadi hari bersejarah bagi Unit Kegiatan Mahasiswa Pik-Ma Youth Center Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang berkolaborasi dengan CIMSA Universitas Muhammadiyah Purwokerto dimana pada hari itu telah dilaksanakan peringatan World Aids Day secara online untuk yang pertama kalinya. Kegiatan ini dihadiri oleh 172 peserta, baik dari mahasiswa UMP maupun mahasiswa dari luar UMP. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor 3 UMP, Pembina Pik-ma, Pembina CIMSA, Ketua umum Pik-Ma, LOCO Cimsa, dan Ketua Panitia acara World Aids Day. Baru setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi dari  Bapak dr. Bagus Rahmat Prabowo, MscPH.,  Ibu Herni Pusparini, S.Tr.KL dan Bapak Neto Andriyanto, SKM,.

Dalam sambutannya, karena suasana masih berkabung atas meninggalnya bapak rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Bapak Ahmad Darmawan, S.E., M.Si selaku wakil rektor 3 Bidang Kemahasiswaan  dan AIK mengajak para partisipan acara webinar untuk mendoakan almarhum bapak rektor kita supaya almarhum mendapat tempat yang terbaik disisi Allah Swt dan segala kebaikan – kebaikannya akan selalu diingat oleh kita semua. Acara webinar dalam rangka memperingati World Aids Day ini mengusung tema “show must go on although in difficult circumstances”. Acara ini dilaksanakan dengan tujuan  meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Acara webinar ini dilaksankan dari pukul 07.45 – 13.30 WIB, secara online melalui via zoom meeting.

Pemaparan materi pertama, disampaikan oleh Bapak dr. Bagus Rahmat Prabowo, MscPH., selaku PreventionTechnical Officer of UNAIDS yaitu terkait dengan HIV atau Human Immunodeficiency dimana virus itu dapat menular degan melalui cairan sperma,cairan vagina,air susu,darah mereka tidak menular melalui hubungan sosial biasa seperti berjabat tangan,berenang,berpelukan, maka dari itu jangan jauhi odha atau penderita HIV namun jauhi penyakitnya. Pemaparan materi yang disampaikan oleh Ibu Henri Pusparini, S.Tr.KL. selaku Staff HIV program of DINKES Banyumas yaitu mengenai penangan Dinkes terhadap HIV. Untuk pemaparan materi yang terakhir disampaikan oleh Bapak Neto Andriyanto, SKM. selaku Head of KPAD Banyumas yaitu mengenai cara penularan dan pencegahannya.

Di akhir kegiatan webinar, seluruh peserta melakukan diskusi secara berkelompok mengenai HIV/AIDS, kemudian hasil diskusi tersebut dipresentasikan. Kegiatan webinar nasional dalam rangka memperingati World Aids Day Pik-Ma Youth Center Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang berkolaborasi bersama CIMSA berjalan dengan lancar.

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA