Berita

Tim PHP2D HMPS Agribisnis Beserta Warga Desa Datar Panen Sayuran “Datar Histeriaponic”

Tim PHP2D HMPS Agribisnis Beserta Warga Desa Datar Panen Sayuran “Datar Histeriaponic”

Tim PHP2D HMPS Agribisnis beserta warga Desa Datar Kecamatan Sumbang melalukan panen sayuran yang dibudidayakan dengan menggunakan sistem hidroponik di Green House Desa Datar.

Panen sayuran Datar Histeriaponic ini dihadiri oleh Pak Ragil selaku perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Pak Warsito selaku Kepala Desa Datar, peserta pelatihan “HISTERIA” (Hidroponik Sistem Tanam Steril, Sehat dan Asri) dan warga setempat.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Pelatihan “HISTERIA” (Hidroponik Sistem Tanam Steril, Sehat dan Asri) waktu lalu yang telah dilaksanakan pada tanggal 28 September 2020.

Panen sayuran Datar Histeriaponic ini dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal 3 sampai 4 November 2020. Sayuran yang dipanen adalah jenis sawi-sawian seperti sayuran pakcoy dan selada.

“Harapannya untuk kedepan warga Desa Datar diharapkan mampu menanam tanaman dengan sistem hidroponik secara mandiri. Dan mampu menjadi program unggulan Desa Datar” kata Ketua Tim PHP2D - Ovy Adam Pradenta

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberdayakan dan membina masyarakat Desa Datar sebagai langkah untuk mewujudkan kemandirian pangan serta mengatasi kesulitan air para petani dalam hal ketersediaan air.

Pada panen pertama ini semua hasil panen berhasil dipasarkan dan didistribusikan kepada konsumen, walaupun masih terdapat hasil panen yang di konsumsi sendiri baik oleh  peserta pelatihan dan warga setempat. Pendistribusian hasil panen ini juga dilakukan dengan target warga desa Datar, Dosen Pertanian, serta kerabat tim PHP2D.

Sistem hidroponik yang kami lakukan menggunakan sistem NFT (Nutrient Film Technique), sistem DFT (Deep Flow Technique), serta sistem wick. Pada seluruh instalasi telah tersedia kurang lebih 872 lubang untuk netpot tanaman dan memiliki kapasitas produksi mencapai 500 bungkus. Dalam kurun waktu 2 hari saja telah sebagian dari total hasil produksi berhasil dipasarkan dan distribusikan. Adapun sisa dari hasil produksi adalah untuk dibagikan kepada peserta pelatihan dan warga setempat. Isi kemasan dari setiap bungkus Datar Histeriaponic adalah 2 sampai 3 netpot sayuran yang masing-masing terdiri dari selada dan pakcoy yang telah di packing dengan cantik. Setiap kemasan dari sayuran selada dan pakcoy ini memiliki  berat kurang lebih 300 gram. Harga yang dibanderol dari sayuran selada dan pakcoy Datar Histeriaponic ini sebesar Rp 5.000,-/bungkus. Harga tersebut diberikan karena harga promo untuk warga setempat dan panen ini merupakan panen yang pertama.

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA