Berita

Persiapan Hadapi Tantangan Dunia Kerja, SUCCESS Training Bicara

Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) melalui Career Development Center (CDC)mengadakansebuah training yang ditujukan khususnya bagi para calon wisudawan, yakni Spiritual Upgrading & Career Competencies Empowerment by Softskills (SUCCESS). Ini merupakan training wajib jelang wisuda bagi mahasiswa UMP dan saat ini diperbolehkan untuk mahasiswa semester 5 ke atas sebagai bekal untuk lebih siap dalam menghadapi dunia pekerjaan. Di periode Juli ini SUCCESS diikuti oleh 1260 mahasiswa yang akan dibagi dalam beberapa gelombang, tiap gelombangnya berjumlah sekitar 210 mahasiswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Agus Mulyadi Purnawanto, S.P., M.P., menjelaskan, SUCCESS adalah training terakhir setelah rangkaian BEST dan SM@RT yang diberikan UMP untuk mahasiswa. SUCCESS sendiri menintikberatkan pada mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin sulit. “Dari beberapa penelitian, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ternyata berada di nomor sekian untuk meraih sukses masa depan. Dan yang lebih penting itu adalah softskill dari individu masing-masing untuk kesuksesan mahasiswa,” katanya. Melalui SUCCESS Training inilah UMP ingin melengkapi kompetensi lulusan dengan kemampuan softskill memadai. Kemampuan inilah yang menjadi pembeda dibandingkan lulusan perguruan tinggi lainnya.

 

Selain itu, Beliau memastikan bahwa UMP tidak hanya meluluskan mahasiswa dengan bekal akademis tetapi juga kemampuan lain seperti membaca Quran, public speaking dan leadership. “Hal tersebut membantu lulusan untuk mendapatkan kerja. Tercatat, waktu masa tunggu lulusan UMP mendapatkan pekerjaan dari setelah lulus, rata-rata 3 bulan,” ungkapnya.  SUCCESS di tahun ini juga berbeda dengan tahun sebelumnya, bagi mahasiswa yang sedang atau akan mengerjakan skripsi boleh mengikutinya, bahkan mahasiswa semester 4 pun diperbolekan mengikuti. Harapannya, mahasiswa dapat menilai diri mereka sendiri apa yang masih menjadi kekurangan mereka dalam menghadapi dunia kerja, sehingga mereka bisa mengusulkan training tambahan untuk lebih mempersiapkan diri mereka. Hal ini dilakukan Agus agar memberikan motivasi dan evaluasi belajar mahasiswa. “Setelah lulus, mereka akan mempunyai mental siap bertarung dengan lulusan perguruan tinggi lain. Dan mereka memiliki kompetensi yang tidak diragukan lagi,” tegasnya. (Didi/HumasBKA)

Sistem Informasi

Social Media

Kontak Kami

Biro Kemahasiswaan dan Alumni

Gedung Serbaguna Lantai II

Kampus I Jl.Raya Dukuhwaluh PO Box 2012

Purwokerto

Telp: (0281)636751, 630463, 634424 ext. 496

Fax: (0281) 637239

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

website: http://kemahasiswaan.ump.ac.id