Berita

Pelatihan Resiliensi UMP hadirkan Juara CNN Journalist Award


Pelatihan Resiliensi UMP hadirkan Juara CNN Journalist Award


Sabtu, tanggal 18 Juni 2016. UMP helat Pelatihan Resiliensi yang diadakan oleh SAC (Student Advisory Center) yang bertempat di Aula Fakultas Teknik Lt.5 .

Reivich. K dan Shatte. A (2002) dalam bukunya “the resiliency factor” menjelaskan bahwa arti resiliensi itu adalah kemampuan untuk mengatasi dan beradaptasi bila terjadi sesuatu yang merugikan dalam hidupnya. Bertahan dalam keadaan tertekan sekali pun, atau bahkan berhadapan dengan kesengsaraan (adversity) maupun trauma yang dialami sepanjang kehidupannya. Resiliensi bukanlahlah suatu trait, akan tetapi bersifat kontinum, sehingga tiap individu dapat meningkatkan resiliensinya (Reivich & Shatte, 2002). Kemampuan seseorang untuk menyembuhkan diri, beradaptasi, atau bangkit kembali ke kondisi normal (resiliensi) bervariasi sepanjang hidup mereka (Norman, 2000).



Dalam dimensi pendidikan, Kita tau bahwa Resiliensi memegang peranan penting dalam karakter Mahasiswa yang mempunyai daya lenting yang akan membuat Mahasiswa tersebut dapat bekerja secara optimal meskipun lingkungan luar bersifat fluktuatif (naik-turun). Acara ini digelar Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) guna memperkuat Softskill Mahasiswa di area tersebut. Tak lupa Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ir. Aman Suyadi, M.P. dan Kepala Biro Kemahasiswaan & Alumni, Agus Mulyadi P. , S.P.,M.P. turut menyambut dan meramaikan Pelatihan Resiliensi yang diikuti oleh hampir 180 Mahasiswa.



Sebagai pembuka acara, pihak SAC yakni Lia Mareza,M.A dan Itsna Nurrahma M.,M.A memberikan ulasan mengenai problematika yang biasanya dialami oleh para mahasiswa mulai dari masalah pribadi, pertemanan dan lingkungan. Kemudian Ketua SAC UMP, Rr. Setyawati,M.Si memetakan masalah mahasiswa berdasarkan Stress Source nya, sebagai dasar bimbingan & konseling di luar acara tersebut.


Dan yang membuat acara ini menjadi lebih menarik yakni dengan adanya bintang tamu Getun Tri Aena , Peraih CNN Television Journalist Award 2013 untuk kategori education, culture, and art. Getun Tri Aena, atau lebih sering kita sapa Getun berasal dari desa Clapar, Banjarnegara, Jawa Tengah. Ia menjadi inspirasi bagi teman-teman di sekolahnya. Gadis yang tak memiliki kedua tangan itu merupakan salah satu murid terpintar dan berprestasi di sekolah. Bahkan, ia kerap meraih ranking 1 di kelas. Segudang prestasi dimiliki Getun mulai dari nilai 90 di UN Matematika, membuat lagu dan memainkannya sendiri pada organ dengan kedua kakinya, bahkan tulisan tangannya lebih baik dibandingankan dengan anak normal seumurannya. Sampai-sampai ia dapat meng-umrohkan Bapak-Ibu nya sendiri. Kegigihan bocah yang lahir pada Mei 2002 ini tak hanya terlihat di sekolah namun juga di rumah. Mulai dari mencuci piring, memotong sayuran dan bahkan menyisir rambutnya, ia lakukan sendiri.


Impian gadis ini saat sesi interview pada pelatihan resiliensi ini cukup membuat hati kita yang memiliki anggota badan yang utuh terketuk hatinya. “ Saya ingin memeluk Ibu saya”. Pertanyaan demi pertanyaan diajukan oleh ketua SAC, Rr. Setyawati dan beberapa volunteer mahasiswa untuk menggali lebih dalam anak yang sangat bersahaja ini dengan segala keterbatasannya. Air mata audience & interviewer yang juga pecah pada sesi ini dan saat Getun memainkan lagu yang bejudul “Andaikan Aku punya sayap” dan lagu hasil karya nya sendiri “Doaku” & “Cahaya Hati” dengan kakinya membuat hati kita terketuk, Coba bayangkan dengan kita yang mempunyai tubuh normal. Semoga dengan adanya cara ini dapat menambah rasa syukur kita atas segala nikmat yang telah Allah SWT yang telah diberikan kepada kita.

Sistem Informasi

Social Media

Pengunjung

30374
TodayToday131
YesterdayYesterday175
This_WeekThis_Week419
This_MonthThis_Month3697
All_DaysAll_Days30374

Kontak Kami

Biro Kemahasiswaan dan Alumni

Gedung Serbaguna Lantai II

Kampus I Jl.Raya Dukuhwaluh PO Box 2012

Purwokerto

Telp: (0281)636751, 630463, 634424 ext. 496

Fax: (0281) 637239

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

website: http://kemahasiswaan.ump.ac.id