Berita

SUCCESS TRANING UMP BEKALI MAHASISWA SUKSES DI DUNIA KERJA

Melengkapi bekal calon wisudawan untuk lebih siap dan mantap di dunia kerja, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) adakan Spiritual Upgrading & Career Competencies Empowerment by Softskills (SUCCESS) yang diiikuti seluruh calon wisudawan. SUCCESS periode Februari kali ini dibagi menjadi 10 gelombang yang masing-masing gelombang terdapat kurang lebih 150 peserta.

Ketua Career Development Center (CDC)Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd mengatakan bahwa UMP telah menyiapkan training dari awal masuk menjadi mahasiswa hingga menjelang lulus. SUCCESS merupakan kelanjutan rangkaian integrated training di UMP yakni BEST, SM@RT. Dalam kegiatan kali ini calon wisudawan di-upgrade spiritualnya sesuai dengan kompetensinya. SUCCESS merupakan kepanjangan dari spiritual up andcarier competensies empowering by softskills yang artinya ketika mahasiswa sudah lulus sudah siap dan lebih siap lagi di dunia pekerjaan.

“Dari segi softskillnya karena dalam training ini sudah disiapkan materi materi yang berhubungan dengan dunia kerja terutama penekanan pada sofstskill,” tegas Bintaro.

SUCCESS pagi hari ini dibuka langsung oleh Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa, “Untuk dapat bertahan menghadapi tantangan itu, diperlukan sikap cerdas, adaptif, dan inovatif dalam menyikapi perubahan yang terjadi di masa depan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, bahwa dalam kehidupan tidak hanya membutuhkan pendidikan dan gelar saja namun kecakapan, ketrampilan dan kepribadian lebih menentukan kesuksesan seseorang dalam kerja. Setidaknya mahasiswa dapat membentuk dan mengembangkan beberapa keterampilan pribadi yang membantu anda dalam meraih sukses karir. SUCCESS Training adalah jawaban dari beberaa ketrampilan yang diperlukan untuk mendukung lulusan meraih sukses. (han/sls/rp)

UMP Libatkan Orang Tua Wali Dorong Mahasiswa Berprestasi

Kiprah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai lembaga pendidikan tinggi tidak diragukan lagi. Sejalan dengan komitmen universitas dalam memberikan kemudahan kepada mahasiswa dengan memberikan berbagai macam Beasiswa.  Seperti Beasiswa PPA dan BBM UMP, Beasiswa Berprestasi, Beasiswa PPA dan BBM Dikti dan Beasiswa Bidikmisi. Bertempat di  Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) UMP telah diselenggarakan “Sosialisasi dan Pembinaan Program Beasiswa Bidikmisi”, pada Kamis, 8 Februari 2018.

Dalam acara sosialisasi dan pembinaan program beasiswa bidikmisi ini, hadir 17 mahasiswa penerima beasiswa didampingi oleh orang tua wali mahasiswa. Acara yang berlangsung di Gd. Serbaguna Lt.2 Biro Kemahasiswaan UMP ini bertujuan agar baik orang tua wali maupun peserta didik penerima beasiswa mendapatkan informasi sejelas-jelasnya perihal aturan-aturan yang berlaku dalam penyelenggaraan beasiswa bidikmisi.

Menilik beasiswa Bidikmisi, UMP memiliki kuota beasiswa untuk mahasiswa yang kurang berkecukupan secara finansial. UMP mendapatkan kuota penerima Bidikmisi sejumlah 17 Mahasiswa. Guna mendapatkan beasiswa Bidikmisi mahasiswa harus memiliki Prestasi akademik dan memiliki kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi secara tepat waktu. Disampaikan oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) UMP Agus Mulyadi Purnawanto, M.P bahwa sebagai syarat utama mendapatkan Beasiswa Bidikmisi adalah mahasiswa aktif UMP yang meraih Indeks Prestasi Komulatif (IPK) lebih dari 3.0 tiap semesternya.

 “Kami mengharapkan agar orang tua wali mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi memberikan pengawasan terhadap anaknya agar ipk yang didapat lebih dari 3.0 dan juga mendorong anaknya untuk dapat aktif dalam organisasi dan dapat berprestasi di penyusunan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM),”ungkap Agus Mulyadi Purnawanto, M.P.

Sejalan dengannya, salah satu wali mahasiswa, Agus Sutarso menyampaikanbahwa sebagai orang tua wali mahasiswa mendukung penuh langkah BKA UMP dalam rangka meningkatkan prestasi mahasiswa.“Kami sangat terbantu dengan adanya program beasiswa Bidikmisi ini, dan kami akan terus memantau perkembangan belajar anak kami agar dapat meraih IPK diatas 3.0,”ungkap Agus Sutarso.(mjd/sls)

60 Mahasiswa UMP Siap Jadi Perwira TNI

60 Mahasiswa UMP Siap Jadi Perwira TNI

Sedikitnya 60 Orang calon Perwira Prajurit Karir (PA PK) TNI dari berbagai Mahasiswa dan alumni Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengikuti seleksi Open Recrutment TNI Perwira Prajurit Karier yang diselenggarakan di Aula AK Anshori, Selasa (17/10/2017).

Kepala Career Development Centre Tri Yuliansyah Bintaro M.Pd  menjelaskan PA PK merupakan prajurit berpangkat Perwira, berasal dari Sekolah Perwira PK. “Sumber penerimaan Pa PK adalah mereka yang berasal dari akademisi. Karena salah satu syaratnya adalah S1 atau D3. Begitu lulus dari pendidikan, mereka akan menyandang pangkat Letnan Dua,” jelasnya.

Dari segi kepangkatan, PAPK sama dengan perwira lulusan Akademi Militer yaitu Letnan Dua. Perbedaannya adalah Perwira lulusan Akmil ditempuh selama empat tahun pendidikan dan sumbernya adalah lulusan SMA atau sederajat. Sedangkan Pa PK bersumber dari sarjana dan hanya menempuh pendidikan selama 7-8 bulan saja.

“Dalam sosialisasi kali ini mahasiswa yang mengikuti sangatlah beruntung karena langsung disampaikan oleh Ajenrem 071 dan masih sangat berpeluang untuk menjadi PA PK karena banyak sekali Program Studi yang memenuhi syarat untuk menjadi PA PK. Harapannya alumni dan calon alumni menjadi angkatan polisi, tentara dan khususnya PA PK. Mereka perlu persiapan yang matang dan tidak bisa dilakukan mendadak,” tuturnya.

Waka AJENREM 071, Kapten Caj Nurishlah dalam penyampaian materinya dijelaskan beberapa prosedur pendaftaran PA PK. “Segala kemampuan yang dimiliki oleh calon PA PK akan diuji, berbagai latihan nantinya akan dilaksanakan pada saat pendidikan,” jelasnya.

Dijelaskan, pendaftaran awal dilakukan secara online, selanjutnya prosedur lain wajib diikuti. “Untuk calon pendaftar diharapkan bisa melengkapi berbagai macam dokumen yang dibutuhkan dari mulai identitas, ijazah dan lainnya. Seluruh komponen tertulis lebih lengkapnya di website http://rekrutmen-tni.mil.id yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun,” terangnya. (han/tgr)

origin : https://ump.ac.id/Berita-583-60.Mahasiswa.UMP.Siap.Jadi.Perwira.TNI.html

Akuntasi UMP Jadi Jawara se Jateng-DIY

Akuntasi UMP Jadi Jawara se Jateng DIY

Program studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus menunjukan berbagai prestasi. Setelah sebelumnya mendapat Akreditasi A, kini menjadi Juara 2 Competition of Accounting di tingkat Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lomba yang dilaksanakan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ini memperebutkan Piala Walikota Yogyakata pada Jumat – Sabtu (13-14/10/2017).

Setelah memperebutkan Piala, paramahasiswa langsung menyerahkan piala kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Akhmad Darmawan S.E, M.Si., “Selamat untuk kalian yang telah mengharumkan nama Akuntansi UMP di tingkat provinsi, saya harap di lain kompetisi kalian akan menjadi yang terbaik,” ujar Darmawan,Selasa, (17/10/2017).

Akhmad Darmawan memberikan apresiasi tinggi kepada Mahasiswa berprestasi tersebut. “Mereka adalah Intan Gina Setiawiani, Siti Fatimah dan Herman Felani yang merupakan mahasiswa S1 Akuntansi UMP. Mereka berlomba bukan hanya mengerjakan soal-soal tetapi juga mempresentasikan Karya Ilmiah mereka dengan judul Penerapan Praktek dan Teori Akuntansi Syari’ah Berdasarkan Prinsip Syari’ah,” katanya.

Hermansalah satu mahasiswa berperstasi mengaku terinspirasi dari pembelajaran yang diterima dikampus. Pasalnya setiap pelajaran yang diberikan berlandaskan prinsip Syari’ah. “Kami terinspirasi menyusun itu karena pembejalaran yang kami terima dikampus selalu berlandaskan prinsip-prinsip Syari’ah dalam pengelolaan keuangan,”katanya.

Dengan prestasi ini mereka berhasil membawa pulang uang tunai senilai Rp4.000.000,-dan sertifikat penghargaan. Herman berharapdapat menjadi contoh mahasiswa lain untuk senantiasa berprestasi.Kabar gembira juga menjadi kebanggaan seluruh dosen dan civitas akademik FEB pada khususnya dan UMP pada umumnya.[uly/tgr]

origin : https://ump.ac.id/Fakultaria-581-Akuntasi.UMP.Jadi.Jawara.se.Jateng-DIY.html

Datangkan Reviewer PKM Nasional, UMP Siap PIMNAS 2018

DSC027392

Para mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia sedang bersiap menuju ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Persiapan menuju perhelatan ajang bergengsi ini gencar dilakukan oleh tim dari berbagai universitas. Tanpa terkecuali Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Guna meningkatkan keikutsertaan mahasiswa UMP dalam PIMNAS, Student Scientific Center (SSC) bentuk Tim Reviewer PKM yang bertugas menilai proposal yang masuk sebelum diunggah untuk seleksi tingkat nasional.

Sedikitnya 50 orang masuk dalam tim yang bekerjasama dengan Biro Kemahasiswaan untuk penyusunan proposal PKM. Mereka  adalah dosen dari setiap fakultas. 10 diantaranya merupakan reviewer lama dan kini akan bertambah jumlahnya setelah ditambah 40 yang baru.

Sebelum bertugas menjadi reviewer, mereka diberikan materi dan latihan oleh Reviewer PKM Nasional Prof. Dr. H. Heru Kurnianto Tjahjono, SE., M.M dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Acara pun disambut antusias oleh dosen yang menjadi peserta. Selain menjadi program unggulan dan persaingan bergengsi antar perguruan tinggi, PKM yang lolos PIMNAS akan menjadi prestasi bagi perguruan tinggi.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Agus Mulyadi Purnawanto, S.P., M.P mengungkapkan, saat ini UMP sampai pada tahap penyusunan proposal PKM 5 bidang hingga 30 Oktober.

“Setiap tahun UMP telah mengirimkan 1 tim untuk berlaga di PIMNAS, untuk tahun 2018 semoga lebih dari satu, makanya harus siap-siap,” katanya.

Dijelaskan, dalam 10 hari proposal akan di review oleh reviewer yang telah dibentuk selama 10 hari hingga 10 November 2017. Proposal yang lolos akan di unggah pada 11-30 November 2017 mendatang.[uly/tgr]

Origin : https://ump.ac.id/Berita-552-Datangkan.Reviewer.PKM.Nasional..UMP.Siap.PIMNAS.2018.html

DOWNLOAD MATERI DISINI

Sistem Informasi

Social Media