Berita

Akuntasi UMP Jadi Jawara se Jateng-DIY

Akuntasi UMP Jadi Jawara se Jateng DIYProgram studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus menunjukan berbagai prestasi. Setelah sebelumnya mendapat Akreditasi A, kini menjadi Juara 2 Competition of Accounting di tingkat Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lomba yang dilaksanakan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ini memperebutkan Piala Walikota Yogyakata pada Jumat – Sabtu (13-14/10/2017).

Setelahmemperebutkan Piala, paramahasiswa langsungmenyerahkan piala kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Akhmad Darmawan S.E, M.Si., “Selamat untuk kalian yang telah mengharumkan nama Akuntansi UMP di tingkat provinsi, saya harap di lain kompetisi kalian akan menjadi yang terbaik,” ujar Darmawan,Selasa, (17/10/2017).

AkhmadDarmawan memberikan apresiasi tinggi kepadaMahasiswa berprestasi tersebut. “Merekaadalah Intan Gina Setiawiani, Siti Fatimah dan Herman Felani yang merupakan mahasiswa S1 Akuntansi UMP. Mereka berlomba bukan hanya mengerjakan soal-soal tetapi juga mempresentasikan Karya Ilmiah mereka dengan judul Penerapan Praktek dan Teori Akuntansi Syari’ah Berdasarkan Prinsip Syari’ah,” katanya.

Hermansalah satu mahasiswa berperstasi mengaku terinspirasi dari pembelajaran yang diterima dikampus. Pasalnya setiap pelajaran yang diberikan berlandaskan prinsip Syari’ah. “Kami terinspirasi menyusun itu karena pembejalaran yang kami terima dikampus selalu berlandaskan prinsip-prinsip Syari’ah dalam pengelolaan keuangan,”katanya.

Dengan prestasi ini mereka berhasil membawa pulang uang tunai senilai Rp4.000.000,-dan sertifikat penghargaan. Herman berharapdapat menjadi contoh mahasiswa lain untuksenantiasa berprestasi.Kabar gembirajuga menjadi kebanggaan seluruh dosen dan civitas akademik FEB pada khususnya dan UMP pada umumnya.[uly/tgr]

origin : https://ump.ac.id/Fakultaria-581-Akuntasi.UMP.Jadi.Jawara.se.Jateng-DIY.html

60 Mahasiswa UMP Siap Jadi Perwira TNI

60 Mahasiswa UMP Siap Jadi Perwira TNISedikitnya 60 Orang calon Perwira Prajurit Karir (PA PK) TNI dari berbagai Mahasiswa dan alumni Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengikuti seleksi Open Recrutment TNI Perwira Prajurit Karier yang diselenggarakan di Aula AK Anshori, Selasa (17/10/2017).

Kepala Career Development Centre Tri Yuliansyah Bintaro M.Pd  menjelaskan PA PK merupakan prajurit berpangkat Perwira, berasal dari Sekolah Perwira PK. “Sumber penerimaan Pa PK adalah mereka yang berasal dari akademisi. Karena salah satu syaratnya adalah S1 atau D3. Begitu lulus dari pendidikan, mereka akan menyandang pangkat Letnan Dua,” jelasnya.

Dari segi kepangkatan, PAPK sama dengan perwira lulusan Akademi Militer yaitu Letnan Dua. Perbedaannya adalah Perwira lulusan Akmil ditempuh selama empat tahun pendidikan dan sumbernya adalah lulusan SMA atau sederajat. Sedangkan Pa PK bersumber dari sarjana dan hanya menempuh pendidikan selama 7-8 bulan saja.

“Dalam sosialisasi kali ini mahasiswa yang mengikuti sangatlah beruntung karena langsung disampaikan oleh Ajenrem 071 dan masih sangat berpeluang untuk menjadi PA PK karena banyak sekali Program Studi yang memenuhi syarat untuk menjadi PA PK. Harapannya alumni dan calon alumni menjadi angkatan polisi, tentara dan khususnya PA PK. Mereka perlu persiapan yang matang dan tidak bisa dilakukan mendadak,” tuturnya.

Waka AJENREM 071, Kapten Caj Nurishlah dalam penyampaian materinya dijelaskan beberapa prosedur pendaftaran PA PK. “Segala kemampuan yang dimiliki oleh calon PA PK akan diuji, berbagai latihan nantinya akan dilaksanakan pada saat pendidikan,” jelasnya.

Dijelaskan, pendaftaran awal dilakukan secara online, selanjutnya prosedur lain wajib diikuti. “Untuk calon pendaftar diharapkan bisa melengkapi berbagai macam dokumen yang dibutuhkan dari mulai identitas, ijazah dan lainnya. Seluruh komponen tertulis lebih lengkapnya di website http://rekrutmen-tni.mil.id yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun,” terangnya. (han/tgr)

origin : https://ump.ac.id/Berita-583-60.Mahasiswa.UMP.Siap.Jadi.Perwira.TNI.html

UMP Borong Kejuaran Di Invitasi Kopertis VI Wilayah Jateng

Kontingen UMP Borong Kejuaran Di Invitasi Kopertis VI Wilayah Jateng

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memborong kejuaraan di Invitasi Kopertis VI Wilayah Jawa Tengah 2017. Pada kejuaraan ini UMP keluar sebagai juara tiga bersama cabang olahraga bulu tangkis, juaran tiga Tenis Meja dan juara 4 cabang olahraga Tenis Lapangan setelah melawan dari 47 kontingen dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Jateng.

Kegiatan berlangsung pada 31 September – 2 Oktober 2017, dihadiri Koorditor Kopertis Wilayah VI Jateng dan jajaranya, Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia se Jawa Tengah, Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia se Jateng, dan Seluruh Rektor PTS se Jateng.

Wakil rektor III Ir Aman Suyadi mengaku bersyukur dengan prestasi yang telah diraih oleh kontingen UMP. Pasalnya, masing-masing atlet kontingen UMP di ketiga cabang olahraga telah menunjukan kompetensinya secara maksimal. “Masing-masing tim olahraga untuk kontingen UMP telah menyiapkan diri dengan latihan rurtin meskipun terkendala cuaca untuk cabang olahraga tenis lapangan,” kata Aman.

Selain unggul dalam prestasi akademik, UMP mampu berprestasi di bidang non akademik. Melalui pesta olahraga tingkat Provinsi Jawa Tengah, UMP yang juga didaulat menjadi tuan rumah sekaligus peserta Invitasi Bulu Tangkis, Tenis Meja, dan Tenis Lapangan.

Sementara itu, Atlet Bulu Tangkis Kontingen UMP Rahmat Pambudi S.Kom mengungkapkan,  juara tiga Bersama Cabang Olah Raga Bulu Tangkis merupakan prestasi yang telah didapatkan pada tahun sebelumnya. Namun, tidak menutup kemungkinan tahun berikutnya akan meningkat. Mengingat persiapan yang telah dilakukan oleh tim sebelum terjun di invitasi. “Tapi kedepan latihan akan lebih ditingkatkan lagi demi target juara 1 di tahun 2018,” kata Didi.

UMP sebagai tuan rumah Invitasi tahun 2017 juga telah menunjukan kesuksesan dalam penyelenggaraan invitasi terlepas dari menang atau kalah. Momentum Invitasi juga sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi antar PTS di Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah. “Kami sudah bertekad untuk sukses dalam pelaksanaan invitasi tahun 2017,” tutup Aman. (sls/tgr)

origin : https://ump.ac.id/Prestasi-535-UMP.Borong.Kejuaran.Di.Invitasi.Kopertis.VI.Wilayah.Jateng.html

Datangkan Reviewer PKM Nasional, UMP Siap PIMNAS 2018

DSC027392Para mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia sedang bersiap menuju ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Persiapan menuju perhelatan ajang bergengsi ini gencar dilakukan oleh tim dari berbagai universitas. Tanpa terkecuali Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Guna meningkatkan keikutsertaan mahasiswa UMP dalam PIMNAS, Student Scientific Center (SSC) bentuk Tim Reviewer PKM yang bertugas menilai proposal yang masuk sebelum diunggah untuk seleksi tingkat nasional.

Sedikitnya 50 orang masuk dalam tim yang bekerjasama dengan Biro Kemahasiswaan untuk penyusunan proposal PKM. Mereka  adalah dosen dari setiap fakultas. 10 diantaranya merupakan reviewer lama dan kini akan bertambah jumlahnya setelah ditambah 40 yang baru.

Sebelum bertugas menjadi reviewer, mereka diberikan materi dan latihan oleh Reviewer PKM Nasional Prof. Dr. H. Heru Kurnianto Tjahjono, SE., M.M dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Acara pun disambut antusias oleh dosen yang menjadi peserta. Selain menjadi program unggulan dan persaingan bergengsi antar perguruan tinggi, PKM yang lolos PIMNAS akan menjadi prestasi bagi perguruan tinggi.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Agus Mulyadi Purnawanto, S.P., M.P mengungkapkan, saat ini UMP sampai pada tahap penyusunan proposal PKM 5 bidang hingga 30 Oktober.

“Setiap tahun UMP telah mengirimkan 1 tim untuk berlaga di PIMNAS, untuk tahun 2018 semoga lebih dari satu, makanya harus siap-siap,” katanya.

Dijelaskan, dalam 10 hari proposal akan di review oleh reviewer yang telah dibentuk selama 10 hari hingga 10 November 2017. Proposal yang lolos akan di unggah pada 11-30 November 2017 mendatang.[uly/tgr]

Origin : https://ump.ac.id/Berita-552-Datangkan.Reviewer.PKM.Nasional..UMP.Siap.PIMNAS.2018.html

 

DOWNLOAD MATERI DISINI

6 Atlet UMP siap berlaga di POMNAS XV 2017

WhatsApp_Image_2017-08-19_at_05.44.22.jpegSebanyak 6 Atlet dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto berhasil menorehkan prestasi dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) tingkat Provinsi tahun 2017 dengan membawa 5 Medali Emas dari Cabang Beladiri Kempo dan Pencak Silat. Setelah ini, ke enam atlet yang mendapatkan medali emas akan siap berlaga dalam POMNAS XV di Sulawesi Selatan Oktober mendatang.

Cabang beladiri Kempo, menjadi unggulan dari UMP untuk berlaga di POMNAS nanti. 3 medali emas disumbangkan dari nomor Randori Putra kelas 65 kilogram atas nama Defrian Galdi (Agribisnis), Randori Putri kelas 50 kilogram atas nama Sesti Inayah(Pendidikan Matematika) dan Pasangan Campuran Kyukensi atas nama Eko Aji Wardana (PGSD) dan Sherlyna Nur Cahyaningsih (Teknik Informatika).

Sedangkan dari Cabang Pencak Silat, emas diperoleh dari pertandingan Kelas C Putri atas nama Septi Pipit Saputri (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) dan dari Kelas G Putra atas nama Sugeng Widiyatmoko (Pendidikan Matematika).

 

 

WhatsApp_Image_2017-08-16_at_06.40.22_1.jpeg
Ir. Aman Suyadi,M.P. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni membenarkan bahwa cabang beladiri menjadi unggulan dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto untuk berlaga dalam pesta olahraga mahasiswa 2 tahunan ini. "Dari awal POM Rayon kita sudah targetkan untuk cabang beladiri Kempo dan Pencak Silat untuk bisa berlaga dalam POMNAS di Sulawesi Selatan,"ujarnya pula.

Bagi UMP, prestasi ini jelas sangat membanggakan, pasalnya keberhasilan ini sesuai target yang dibebankan dari awal mereka berlaga. ”Dan ke depannya, prestasi temen-temen Kempo Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan mungkin yang lebih luas lagi, selain bisa berpartisipasi di POMNAS Makassar, saya berharap tim Kempo UMP bisa meraih prestasi dan bisa menjadi juara di POMNAS Makassar”, pungkas Rizal selaku Official dari Cabang Kempo.

Rencananya, ke enam atlet tersebut akan mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa tingkat Nasional pada tanggal 14-20 Oktober 2017 di Universitas Hassanudin,  Makassar. (Didi/Humas BKA)

 

Sistem Informasi

Social Media

Kontak Kami

Biro Kemahasiswaan dan Alumni

Gedung Serbaguna Lantai II

Kampus I Jl.Raya Dukuhwaluh PO Box 2012

Purwokerto

Telp: (0281)636751, 630463, 634424 ext. 496

Fax: (0281) 637239

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

website: http://kemahasiswaan.ump.ac.id