Berita

BIMTEK TEKNIS WIRA DESA & PHP2D BERSAMA WR 3 UMP

 

UMP gelar bimbingan teknis Wira Desa dan Program Holistik Pembinaan dan  Pemberdayaan Desa (PHP2D) Senin (14/06/2021) di hadiri oleh WR 3, ketua BKA, dan ketua SSC, diikuti oleh dosen pendamping dan perwakilan dari setiap kelompok.

PHP2D adalah kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa.

Ragil Setiyabudi,S.KM.,M.Kes (EPID)selaku ketua SSC UMP dalam sambutannya mengajak untuk mempersiapkan dengan maksimal dan siap mendukung penuh keperluan kegiatan.

"Tujuan pertemuan pada hari ini adalah untuk menyiapkan persepsi dan memperlancar jalannya program baik yang akan disusun untuk program Wira Desa. Marilah kita berusaha semaksimal mungkin dalam waktu dekat ini. SSC, BKA siap memfasilitasi baik itu browsing, print, scan, dan tanda tangan", Jelasnya.

Efi Miftah Faridli, M.Pd selaku kepala BKA UMP berharap agar tatanan dasar UMP bisa berlaku di semua unitnya.

"Untuk kegiatan Wira Desa, PHP2P, PKM N akan dikonferensikan ke dalam mata kuliah KKN.  Inovatif dan kolaboratif ini yang menjadi tatanan dasar milad UMP tahun ini, mudah-mudahan tertanam di semua unit di UMP ", Ungkapnya.

Beberapa kelompok yang lolos hingga saat ini adalah BEM Fakultas Hukum, HMPS Agroteknologi, dan IMM KOMIKES UMP.

WR 3 Akhmad Darmawan, M.Si., mengungkapkan kegiatan ini merupakan hal yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat.

"Tidak hanya output ijazah, tetapi (experience) pengalaman yang luar biasa bagaimana mahasiswa itu menjadi kaum intelektual yang mampu menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat," jelasnya.

WR 3 pun mengapresiasi para kelompok dan besar harapan agar UMP berhasil sampai final. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan sharing persiapan menuju langkah selanjutnya.(smm)

Arahan dan Motivasi Penerima Dana PKM 5 Bidang Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Muhammadiyah Purwokerto gelar kegiatan arahan dan motivasi untuk penerima dana PKM 5 Bidang di Ak. Anshori Selasa lalu, tepatnya 8 Juni 2021. Dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Al Islam Kemuhammadiyahan Akhmad Darmawan, M.Si., Ketua Student Scientific Center (SSC) Ragil Setiabudi,S.KM.,M.Kes dan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Efi Miftah Faridli, M.Pd serta tim  penerima dana PKM 5 Bidang. Acara tersebut dilakukan guna membekali mahasiswa yang lolos PKM menuju PIMNAS 2021 (Road to PIMNAS 2021).

Dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Diktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Diktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, UMP berhasil menelurkan bibit baru yang lolos menuju PIMNAS 2021. Dari UMP yang lolos PKM sebanyak 8 tim dari 300an proposal yang masuk. Kejuaraan yang diraih tersebut merupakan prestasi yang membanggakan untuk UMP, tim yang lolos akan didanai pula oleh pemerintah yang menguntungkan bagi mahasiswanya. Delapan tim yang lolos PKM di tahun 2021 meliputi: 2 tim PKM-K (diketuai oleh Risti Ainun Nisa, dan Noviani Nurhayati), PKM-PM (di ketuai oleh Sheren Liana Saputri), dan 5 tim PKM-RE (Diketuai oleh Melliawaty Fajrin, Siti Rahmah Kamalah, Vadhel Alfenanda P, Camella Ayu Prawesti, dan Rahma Falah Maulidina).

Kegiatan yang bertempat di aula Ak. Anshori tersebut guna memberikan arahan dan memotivasi mahasiswa yang lolos PKM 5 bidang menuju PIMNAS 2021. Banyak arahan dan harapan yang disampaikan melalui pembelakan di acara tersebut, salah satunya harapan dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Al Islam Kemuhammadiyahan. “Harapan universitas dari 8 ini masuk PIMNAS, kalau saya lihat ada tema-tema yang menarik yang memiliki potensi untuk PIMNAS. Mudah-mudahan dari 8 ini ada yang masuk, sehingga dari UMP budaya UMP yang masuk di PIMNAS harus ada. Kultur ke depan keberhasilannya jelas karena ada campur tangan pemibimbing yang dengan sabar, tekun membimbing mahasiswanya. Oleh karena itu, sekali lagi saya juga mengucapkan terima kasih kepada pembimbing. Farmasi mempunya budaya hebat di PKM, mungkin nanti perlu ditambah yang mengikuti Teknik kimia, TLM, dan mudah- mudahan nanti ada yang lolos PKM dari seluruh prodi yang ada di UMP. Jadi, PKM ini tidak hanya terbebankan pada pak Efi selaku Kabiro kemahasiswaan dan Alumni. Tapi ini sudah menjadi kesadaran Bersama, kalau ini adalah tugas semua pendidik yang ada di Univesitas” ucap Akhmad Darmawan, M.Si.

Salah satu ketua dari tim PKM-K yang bernama Noviani Nur Hayati, D4 Laboratorium Medik mengatakan bahwa harapannya bisa lolos PIMNAS, produk yang dibuat semakin maju dan bisa memotivasi mahasiswa lainnya. Ketika membuat PKM harus diniati dari diri sendiri, mengikuti arahan dari reviewer dan harus mengikuti format-format sesuai pedoman jika terdapat kekeliruan atau kesalahan dalam pembuatan proposal. Noviani pun mengutarakan kesan yang menyenangkan saat mengikuti PKM diantaranya: bisa mendapatkan prestasi, usulan yang dibuat atau diajukan didanai atau ada yang memfasilitasi dan mendapat pengalaman baru.

Mahasiswa Agribisnis UMP Berhasil Meraih Juara 1 Lomba Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupanten Banjarnegara

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO-Gladi Melania Kartika Nuswantari, mahasiswa Agribisnis semester 6 berhasil meraih juara 1 dalam ajang Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupanten Banjarnegara. Mahasiswa semester 6 ini bersaing dengan seluruh peserta dari perwakilan sekolah-sekolah, pik-r kecamatan dan remaja umum se-kabupaten Banjarnegara. Rangkaian acaranya dimulai dari 23 Maret sampai grand final 3 April 2021. Diselenggarakan oleh DISPERMADES PPKB kabupaten Banjarnegara tahun 2021.

Diadakannya ajang Pemilihan Duta GenRe kabupaten Banjarnegara tersebut bertujuan sebagai role model remaja dan mitra keluarga yang menjalankan hidup sehat, menguasai substansi program genre dan berbakat. Duta GenRe kabupaten Banjarnegara adalah remaja pilihan yang terbebas dari freesex, NAPZA dan pernikahan dini. Memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan remaja di sekitarnya, edukatif, inovatif, kreatif dan penuh inspirasi. Duta GenRe Kabupaten Banjarnegara siap menjadi Agen of change yang terus berupaya menekan angka kasus pergaulan bebas dan pernikahan dini di kalangan remaja.

Untuk mengikuti ajang kompetisis tersebut, Gladi tak lupa mempersiapkan diri dalam bersaing dengan peserta yang lainnya. Dia menyiapkan beberapa aspek mulai dari mempersiapkan bakat, substansi dan melakukan aksi nyata sebagai wujud keseriusannya untuk menyebarkan virus Genre kepada remaja dan masyarakat pada umumnya. Seperti yang pernah dilakukannya saat tergabung dalam Pik-Ma Youth Center UMP sejak 2019, dan menjadi Duta Generasi Berencana Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2019, sehingga dia mudah untuk mendapatkan akses dalam belajar dan mendalami Generasi Berencana dari pikma-Youth Center UMP untu persiapan Lomba Duta Generasi Berencana Kab. Banjarnegara. Hingga sekarang pun masih tergabung dalam Pik-Ma Youth Center UMP, menjabat sebagai Wakil Kepala Divisi Pendidik Sebaya.

Berkat prestasi yang diraih Gladi, harapan dari Fatin Rohmah Nur Wahidah, S.Psi., M.Psi., sebagai pembina mengatakan bahwa melalui ajang pemilihan Duta Genre tersebut mampu berkontribusi nyata bagi pembangunan SDM di Kabupaten Banjarnegara, khususnya remaja melalui Program GenRe. Menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam mengedukasi generasi muda, dan menjadi pioner perubahan di tengah pergaulan remaja serta mampu berprestasi membawa nama baik daerah tercinta.

Harapan dari Gladi melalui pemilihan duta GenRe di kabupaten Banjarnegara mampu meneruskan estafet perjuangan Generasi Berencana (GenRe) sebelumnya, sebagai role model dalam aksi nyata kepada remaja khususnya dan masyarakat pada umumnya. Mampu menekan angka seks pra-nikah dan kenakalan remaja, pengguna Napza, pernikahan anak dengan edukasi dan sosialisasi serta pendekatan persuasif melalui media sosial maupun secara langsung.

Nabila Salma Raih Juara 3 Lomba Pidato Bahasa Arab Virtual se-PTMA di Indonesia

PURWOKERTO- Dalam rangka memperingati MILAD ke-56 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Maret lalu Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMP mengadakan Lomba Pidato Bahasa Arab Virtual untuk seluruh PTM & PTA di Indonesia. Pelaksanaannya berlangsung dari tanggal 15 Maret-30 April 2021. Salah satu mahasiswi UMP dari program studi Teknik Informatika semester 4, Nabila Salma Kirana berhasil meraih juara 3 Lomba Pidato Bahasa Arab se-PTMA di Indonesia. Hasil lomba tersebut diketahui Salma saat pengumuman akhir Mei lalu.

Salma berjuang untuk mengikuti Lomba Pidato Bahasa Arab Virtual tersebut tidaklah mudah. Mahasiswa semester 4 ini harus melakukan persiapan supaya hasilnya maksimal. Mulai dari pembuatan poin atau gambaran kasar yang sesuai dengan tema yaitu pilihan pertama “Berpuasa Ramadhan di Masa Pandemi Corona” dan pilihan kedua “Sikap Seorang Muslim terhadap Perbedaan di Bulan Ramadhan” dengan menggunakan bahasa Arab. Kemudian dilanjut pembuatan teks dan pengembangan poin-poin dari tema, pengoreksian tata bahasa Arab dari teks yang telah tersusun serta pendalaman materi agar dapat disampaikan dengan mudah. Hingga tahap akhir pembuatan video dan editing.

Diadakannya kegiatan lomba Pidato bahasa Arab Virtual se-PTMA tersebut bertujuan untuk membuka wawasan tentang bahasa Arab dan keistimewaanya, serta untuk meramaikan acara MILAD ke-56 Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Melalui ajang perlombaan Pidato Bahasa Arab Virtual di masa Pandemi COVID-19 ini, harapan dari Salma Ingin menunjukkan untuk banyak orang terutama mahasiswa UMP. Dia mengatakan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sudah seharusnya dipelajari juga selain bahasa Inggris (bahasa Internasional). Hal itu dikarenakan bahasa Arab adalah bahasa Qur'an yang mana sebagai pedoman umat Muslim dan sepatutnya sebagai umat muslim tertarik untuk mempelajari bahasa surga ini.

Dalam hadits pun dari riwayat Abdullah Ibnu Mas’ud yang menyatakan, membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an) akan mendapatkan satu kebaikan. Setiap kebaikan akan dilipatkan menjadi sepuluh. Melihat hal itu, sungguh luar biasa pahala yang didapatkan jika mempelajari bahasa Arab, membaca huruf demi huruf bahasa Arab dari Al-Qur’an. Pahala berlimpah bisa diraih dengan membaca dan mempelajari bahasa Arab. (Via)

PURWOKERTO- Dalam rangka memperingati MILAD ke-56 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Maret lalu Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMP mengadakan Lomba Pidato Bahasa Arab Virtual untuk seluruh PTM & PTA di Indonesia. Pelaksanaannya berlangsung dari tanggal 15 Maret-30 April 2021. Salah satu mahasiswi UMP dari program studi Teknik Informatika semester 4, Nabila Salma Kirana berhasil meraih juara 3 Lomba Pidato Bahasa Arab se-PTMA di Indonesia. Hasil lomba tersebut diketahui Salma saat pengumuman akhir Mei lalu.

Salma berjuang untuk mengikuti Lomba Pidato Bahasa Arab Virtual tersebut tidaklah mudah. Mahasiswa semester 4 ini harus melakukan persiapan supaya hasilnya maksimal. Mulai dari pembuatan poin atau gambaran kasar yang sesuai dengan tema yaitu pilihan pertama “Berpuasa Ramadhan di Masa Pandemi Corona” dan pilihan kedua “Sikap Seorang Muslim terhadap Perbedaan di Bulan Ramadhan” dengan menggunakan bahasa Arab. Kemudian dilanjut pembuatan teks dan pengembangan poin-poin dari tema, pengoreksian tata bahasa Arab dari teks yang telah tersusun serta pendalaman materi agar dapat disampaikan dengan mudah. Hingga tahap akhir pembuatan video dan editing.

Diadakannya kegiatan lomba Pidato bahasa Arab Virtual se-PTMA tersebut bertujuan untuk membuka wawasan tentang bahasa Arab dan keistimewaanya, serta untuk meramaikan acara MILAD ke-56 Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Melalui ajang perlombaan Pidato Bahasa Arab Virtual di masa Pandemi COVID-19 ini, harapan dari Salma Ingin menunjukkan untuk banyak orang terutama mahasiswa UMP. Dia mengatakan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sudah seharusnya dipelajari juga selain bahasa Inggris (bahasa Internasional). Hal itu dikarenakan bahasa Arab adalah bahasa Qur'an yang mana sebagai pedoman umat Muslim dan sepatutnya sebagai umat muslim tertarik untuk mempelajari bahasa surga ini.

Dalam hadits pun dari riwayat Abdullah Ibnu Mas’ud yang menyatakan, membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an) akan mendapatkan satu kebaikan. Setiap kebaikan akan dilipatkan menjadi sepuluh. Melihat hal itu, sungguh luar biasa pahala yang didapatkan jika mempelajari bahasa Arab, membaca huruf demi huruf bahasa Arab dari Al-Qur’an. Pahala berlimpah bisa diraih dengan membaca dan mempelajari bahasa Arab.

Wakil Rektor III Akhmad Darmawan Melantikan Dpm U, Mkm U, Kpu M dan Bawaslu M

Universitas Muhammadiyah Purwokerto - Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan AIK) Akhmad Darmawan SE., M.Si Melantik Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPM U) terpilih, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahasiswa Universitas (MKM U) dan Ketua Alat Kelengkapan Pemilwa yaitu Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPU M) dan Badan Pengawas Pemilu Mahasiswa (Bawaslu M).

Pelantikan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 April 2021 di Ruang A.K Anshori Gedung Rektorat lantai tiga Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

“Besar harapan pimpinan universitas Muhammadiyah purwokerto supaya mahasiswa melengkapi organisasi mahasiswa beserta organ-organnya, hal ini sangat penting karena mahasiswa harus membentuk diri sebagai leader, untuk kedepannya mereka akan menerima estefet kepemimpinan bangsa dan negara ini, sebagai generasi muda harus mengasah kemampuan leadershipnya di era distrupsi seperti ini semua memang harus melakukan perubahan secara fundamental, harus inovatif, dan harus melakukan kolaborasi. Mahasiswa mestinya menjadi agen perubahan dan mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan berbagai aktivitasnya untuk membentuk kemampuan softskill, hardskill, leadership dan tentunya berperilaku akhlaqul karimah. Universitas Muhammadiyah purwokerto sangat mendukung terbentuknya organisasi mahasiswa di tingkat universitas.” Kata Akhmad Darmawan S.E,. M.Si selaku Wakil Rektor III usai melantik para Ketua Lembaga tinggi dan alat kelengkapan.

Ketua DPM U terpilih Arel Raghib Najmuddin berharap KM UMP bisa lebih aktif menjalin garis perjuangan dengan mahasiswa universitas/institusi lain dimulai dengan eksistensi lembaga tinggi.

“Harapanya semoga KM UMP semakin aktif mewarnai perubahan, semakin solid dalam pergerakan, dan semakin masif dalam mencapai tujuan yang diimpikan, serta semakin eksis dalam kancah pergerakan.” Ujar Hikam Mika’il ketua MKM U terpilih.

Pelantikan yang diadakan Tim Kordinator Fakultas atau Tim 13 ini dihadiri oleh Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan AIK) Bapak Akhmad Darmawan SE., M.Si Ketua Biro Kemahasiswaan dan Alumni Efi Miftah Faridli, M.Pd dan seluruh ketua Lembaga tinggi tingkat fakultas atau yang mewakili.

 

“Dalam perjalanannya saya harap KM UMP mampu mencetak banyak generasi pemimpin, serta semakin optimal menjadi sarana edukasi dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki daya saing yang tinggi sesuai dengan nilai-nilai keislaman.” Ujar Krishnanda Bayu Bagaskhoro selaku ketua KPU M terpilih.

“Harapannya semoga KM UMP dapat berjaya kembali dan lebih aktif  lagi dalam membentuk serta membangun generasi muda mahasiswa yang lebih baik.” Lanjut Fajar Eko Wahyudi selaku ketua Bawaslu terpilih saat ditanya harapannya tentang KM UMP.

Tujuan dari Pelantikan ketua Lembaga tinggi dan alat kelengkapan adalah untuk menghidupkan kembali eksistensi ormawa tingkat universitas yang sudah lama vacuum. 

Ilyas Rosyid Firdausi selaku ketua Tim 13 berharap KM UMP semakin solid, dengan usaha serta perjuangan dalam menegakkan nya, dan semoga kontribusi yang telah kita curahkan yang dikemas dalam rangka memajukan KM UMP menjadi amalan baik yang bisa melipat gandakan pahala kita, fokus akan tujuan yang besar maka akan mempermudah kita dalam mencapai nya. Mari satukan tujuan dan pandangan kita demi membangun kembali KM UMP yang solid.

Terakhir, Bapak Akhmad Darmawan S.E,. M.Si berpesan kepada seluruh ketua yang akan menyelenggarakan pemilu untuk bekerja keras, dan tetap semangat. Dinamika pasti akan ada, dan tentunya tidak mudah. tetapi inilah edukasi bagi mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan organisasinya. Anggap ini sebagai laboratorium kepemimpinan, manajemen. Sehingga kita niatkan bahwa organisasi ini harus berdiri, harus ada. Karena dengan organisasi ini tujuan akan dibentuk secara Bersama- sama sehingga dengan organisasi akan mampu mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada di UMP untuk meraih tujuan organisasi mahasiswa yang ideal, berprestasi di akademik maupun non akademik, sehingga lewat organisasi ini amar ma’ruf nahi munkar akan berjalan. Beliau percaya bahwa mahasiswa UMP bisa menjalankan pemilihan dengan baik sampai terbentuknya organisasi dan kelengkapan organisasi. (Ily)

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA