Artikel

Webinar GKHW Literasi Media Penguatan Penanganan Cyber Crime dan Radikalisme

kokam 1

Purwokerto- Wabah pandemic belum berakhir. Seluruh aktifitas/kegiatan masih dilakukan secara daring. GKHW Kafilah Ak-Anshori UMPurwokerto mengadakan Webinar untuk kedua kalinya setelah webinar yang pertama terlaksana dengan lancer dan sukses. Dan pada hari (Kamis, 26 November 2020), GKHW Kafilah Ak-Anshori UMPurwokerto bekerjasama dengan KOKAM Mahasiswa Surya Cendekia UMPurwokerto menggelar Webinar tingkat Nasional di Aula Badi Nguzaman Fakultas Tekhnik dan Sains, Universitas Muhammadiyah Purwokerto bertemakan Literasi Media Dalam Penanganan Cybercrime Dan Radikalisme, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu 3 M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan).

Acara ini bertujuan untuk penanganan bentuk kejahatan-kejahatan di media social dan penangan doktrinisasi paham radikalisme. Yang dalam hal ini media internet menjadi tombak utama untuk menjalankan berbagai aktifitas. baik untuk kepentingan pekerjaan, pendidikan ataupun hanya sekedar sebagai obat pelipur kejenuhan semata. Dan dari semua penjelajahan yang di lakukan di dunia maya. Tidak menutuip kemungkinan akan membuka pintu bagi para pelaku cybercrime untuk melakukan aksi-aksinya untuk mencuri data dsb. Dan tidak menutup kemungkinan pula dari setiap media-media yang di gunakan untuk mengobati kejenuhan justru disitu menjadi doktrinisasi tentang paham radikalisme tanpa kita sadari. Maka dari itu membutuhkan literasi untuk memahami kondisi tersebut.

Kejenuhan masyarakat dan seluruh civitas academica terhadap kata pandemic. Menjadi motifasi bagi GKHW UMP dan KOKAM Mahasiwa UMP umtuk membuat acara dengan materi yang bermanfaat tanpa menggunakan kata pandemic namun tidak menghilangkan esensi dari kenyataan yang di hadapi saat ini. Dari Ndan Bayu menuturkan Harapan saya dg Webinar ini semoga Kokam SC Mahasiswa dapat segera diakui keberadaannya baik secara de facto dan de jure di UMP,,,eksistensinya diakui,,,dihormati oleh lembaga lain,,,selain itu dg Webinar ini bisa menunjukkan kekuatan kita selaku ortom yg tergabung dalam AMM,,,kita harus rebut kembali supremasi AMM di percaturan perpolitikan kampus. Kemudian dari Ramanda Imam thohari juga berharap semoga mahasiswa lebih berhati hati menggunakan media sosial dengan bijak Sehingga tidak terjerumus oleh radikalisme dan kejahatan di media sosial maka ketemulah titik dimana 2 organisasi intern kampus ini untuk saling bekerja sama.

Rangkaian Webinar Nasional diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari Pembina masing-masing organisasi koordinator, Tapak suci Putera Muhammadiyah UMP dan IMM UMP dan seluruh anggota GKHW AK-Anshori UMP DAN KOKAM Mahasiswa UMP (Offline) dan 997 peserta yang mengkuti secara daring lewat ZOOM dan 60 lebih peserta live youtube yang telah disediakan serta selebihnya live Instagram Hizbulwathan_umpwt.. kemudian masuk ke sesi materi yan di sampaikan oleh dua orang pemateri yang berkompeten di bidangnya. Pemateri yang pertama di sampaikan oleh Dr. Rulli Nasrullah, M.Si membahas mengenai Cybercrime itu sendiri. Dan materi yang kedua di sampaikan oleh Dr. H. Fahmi Salim, Lc, M.A membahas mengenai Radikalisme. Kemudian di lanjutkan dengan sesi pertanyaan. Dan setelah acara selesai acara penutupan .

Menurut Lutfian Ramadhan (Ketua GKHW Kafilah Ak-Anshori) dan yang diamanahi menjadi coordinator acara ini perwakilan dari Hizbul Wathan UMPwt menuturkan bahwasanya acara seperti ini sangat efektif di lakukan pada saat pandemic saat ini. Dan kerjasama sangat di perlukan untuk menjalin silaturahmi antar anggota. “acara webinar tingkat nasional seperti ini sangat efektif di lakukan saat ini. Dimana masyakat saat ini lebih banyak beraktifitas di dunia maya karena adanya pandemic. Apalagi tema yang kita buat itu sangat kekinian dan tidak terpaku dengan kata pandemic yang sudah bosan untuk di gaungkanh di telinga masyarakat pada ummnya. Dan otomatis akan banyak yang ikut dalam acara ini dan semakin banyak peserta semaklin banyak pula masyarakat yang paham mengenai cybercime dan radikalisme. Serta dengan adanya kerjasama yang menurut saya sangat apik ini akan menjadikan motifasi bagi kita bahwasanya jarak bukan halangan untuk senantiasa menjalin silaturahmi dan berkolaborasi,” ujar Lutfi

kokam 3

Kemudian dari Komandan KOKAM Mahasiswa SC UMP menuturkan bahwasanya " Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap isu radikalisme dan kewaspadaan terhadap kejahatan cybercrime, yang belakangan ini semakin mengkhawatirkan. Kejahatan yang semakin hari semakin mudah dilakukan oleh siapapun menjadi bahan introspeksi diri bagi kami selaku kesatuan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi KOKAM Mahasiswa, yang mana organisasi ini mempunyai tujuan utama untuk mengawal aset-aset muhammadiyah, khususnya aset-aset yang berada di kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto dari kejahatan radikalisme dan cybercrime". Memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang berbagai macam informasi yang tersebar di dunia maya merupakan harapan utama dari kegiatan webinar nasional ini, karena belakangan ini informasi yang sifatnya hoax, provokatif, dan intimidatif semakin membabi buta di dunia maya. Akses yang sangat mudah ke dunia maya juga menjadikan semakin banyaknya masyarakat yang terkena dampak, bukan hanya orang dewasa, akan tetapi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah juga ikut terkena dampaknya.

Acara webinar nasional ini didukung penuh oleh ortom di kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto, bukan hanya dari HW dan KOKAM melainkan dari IMM dan Tapak Suci juga mendukung penuh pelaksanaan kegiatan webinar nasional ini. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami selaku Mahasiswa yang bergerak di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah, gerak langkah ini menjadi konstribusi bagi Muhammadiyah dalam mencapai tujuan utamanya yaitu mewujudkan masyarakat islam yang sebenar-benarnya dan diridhoi oleh allah subhanahu wa ta'ala.

kokam 2

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA