Artikel

Mewujudkan Ketahanan Pangan di Masa Pandemik COVID-19, UMP Turun Tangan Bersama Para Petani

PURWOKERTO-Fakultas pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggelar dialog interaktif dengan tema Peran pertanian berkelanjutan dalam masa pandemi dalam mewujudkan ketahanan pangan bertempat di Gedung J, Lantai 5. Pembicara dalam dialog tersebut adalah Anding Sukiman, S. Pd dan Ir. Aman Suyadi, MP 

Kegiatan Tersebut juga di hadiri oleh Kepala Desa Datar Joko Warsito serta ta'mir dan para petani di Desa Datar dan Linggasari kecamatan Sumbang dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dimasa pandemic COVID-19. Kegiatan ini berlangsung pada hari sabtu, 7 November 2020 di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Menurut Sulistyani Budiningsih, S.P., M.P. selaku dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memeberikan semangat kepada para petani dimasa pandemic COVID-19 ini yang telah banyak merugikan banyak sektor terlebih lagi sektor pertanian yang menjadi sumber pangan utama untuk masyarakat Indonesia.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan pun menyatakan “sangat tepat Fakultas Pertanian melakukan suatu aktifitas dialog interaktif dengan para takmir masjid di dua desa, Datar dan Linggasari” tuturnya.

Kegiatan ini disusul dengan kegiatan demonstrasi pengaplikasian pupuk organic cair di lahan karang sari dengan melakukan pemupukan dengan pesawat tanpa awak (drone) bersama para petani di Datar. Menurut Sukamto salah satu petani dari kelompok tani “Sri Rejeki”, “Kegiatan ini sangat baik sekali, sangat bermanfaat bagi kelompok tani seperti kami. Wawasannya menjadi bertambah, akan semakin meningkat penanganan taninya, kebersamaan juga akan muncul”. Tuturnya pada saat diwawancarai oleh salah satu staff Kemahasiswaan UMP Budi Setiawan.

”Diharapkan kedepannya kegiatan ini akan memberi peningkatan baik secara kualitatif maupun kuantitatif” kata Dekan Fakultas Pertanian. 

 

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA