Artikel

Walau Pandemi, GKHW Kafilah Ak Anshori Tetap Tunjukkan Eksistensi

gkhw 1

PURWOKERTO-Ditengah wabah pandemi yang belum mengalami penuruan dan setelah berbulan-bulan hanya beraktibitas lewat daring, GKHW Kafilah A.K. ANSHORI akhirnya bisa menggelar Penerimaan Tamu Kafilah 2020 di ruang I.I.2, Gedung I, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (Sabtu, 7/11/2020) bertemakan Menciptakan Sinergi Jalinan Silaturahmi, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu 3 M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan).

Acara ini bertujuan untuk menyambut dan memperkenalkan wajah Hizbul Wathan kepada kader baru GKHW angkatan 2020, seperti sepak terjang GKHW dan juga sebagai follow-up Dwi Kelana selaku kader yang telah mendapatkan pelatihan dasar  pada periode sebelumnya.

Meskipun terbilang sederhana dibanding sebelumnya, namun menurut Luthfi Ramadhan selaku Ketua Kafilah GKHW AK ANSHORI 2020 menuturkan bahwa acara tahun ini dinilai lebih efektif dalam mengenalkan HW. "Jika tahun lalu PTK Hw diadakan di Pantai Sodong, Cilacap. Pertimbangan kami ditahun ini hanya mengadakan ptk di indoor karena beberapa hal, pertama pandemi, kedua cuaca yang sedang ekstrim, ketiga melihat keefektifan dalam acara tersebut. Meskipun sederhana namun tidak menghilangkan subtansi dari PTK itu sendiri," ujar Lutfi.

Rangkaian kegiatan PTK diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh 20 kader  baru GKHW AK-Anshori UMP. Setelah itu pengenalan pengurus kafilah dan Dwi Kelana selaku panitia penyelenggara, dilanjutkan sharing bersama pengurus dan alumni kafilah Ak-Anshori mengenai pengalaman yang ditemukan pada saat  kepengurusan.  Kemudian ice breaking dan makan bersama.

Tri Nugroho sebagai alumnus Kafilah ak-Anshori merasa bangga dengan pencapaian yang telah diraih oleh HW UMP saat ini, mengingat jumlah personil saat kepemimpinannya hanya mencapai 20 orang dan tidak sebanyak sekarang. “Jika dulu ketika  PBB (Peraturan Baris-Berbaris)  memutari lapangan hanya bertiga saja berani, maka sekarang kalian harus lebih gencar lagi dalam mengenalkan HW di kampus ini, Wujudkan apa yang diinginkan, bukan pergi. Jalin komunikasi yang baik dengan teman-teman”  tuturnya dengan semangat.

Pembina Kafilah AK. Anshori, Imam Tohari  pun menghimbau kepada pengurus dan kader baru untuk menjaga komitmen dan ikut berkiprah bersama HW dengan niat ibadah dan dakwah amar ma’ruf nahi munkar. “Gerakan ini berjalan tidak bisa nafsi-nafsi (berjalan sendiri) namun harus berjamak.”

Sejalan dengan tema, harapan dari  kegiatan Penerimaan Tamu Kafilah selain menjalin silaturahmi namun juga menciptakan sinergitas. Terutama dalam kepemimpinan, baik sekarang ataupun kedepannya, “...dan juga paham akan manejemen organisasi,” tambah Luthfi.

gkhw 3

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA