Artikel

Pers Release: Pelatihan “HISTERIA” (Hidroponik Sitem Tanam Steril, Asri dan Sehat) sebagai Usaha Kemandirian Pangan Masyarakat di Desa Datar Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas

BANYUMAS-Himpunan Mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto mendapatkan Dana Hibah PHP2D 2020. PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenristekdikti dimana kegiatan tersebut untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan desa. Kegiatan ini bekerjasama dengan warga desa Datar Kecamatan Sumbang dengan mengadakan Pelatihan HISTERIA.  

Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan warga desa Datar memiliki kondisi sosial ekonomi yang cukup beragam, selain berprofesi sebagai petani warga desa Datar juga bekerja sebagai pembuat dan penjual ketupat, tuna kisma dan hanya sedikit yang mempunyai lahan pertanian sendiri. Pendapatan masyarakatnya pun berbeda-beda dan bisa dikatakan rendah, sehingga tidak jarang mereka mengalami kekurangan pangan karena pendapatan yang didapat hanya mengandalkan dari satu pekerjaan saja hal tersebut terjadi karena kemampuan dan kreativitas masyarakat masih sangat kurang.

Latar belakang itulah yang membuat mahasiswa tergerak untuk melakukan pemberdayaan dan membina masyarakat desa Datar untuk mewujudkan kemandirian pangan dan mengatasi kesulitan para petani dalam hal air, melalui program dan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat berupa Pelatihan “HISTERIA” (Hidroponik Sistem Tanam, Steril dan Sehat) sebagai usaha kemandirian pangan masyarakat di Desa Datar Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.

Launching kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 28 September 2020 di desa Datar. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan selain launching Pelatihan HISTERIA seperti peresmian Green House Desa Datar dan melakukan pelatihan penyemaian pakcoy dan slada. Dimana kegiatan tersebut dihadiri oleh Dosen Pembimbing, Dosen Fakultas Pertanian, Ketua Bidang kemahasiswaan Al Islam dan Kemuhammadiyahan serta Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Purwokerto Bapak Akhmad Darmawan, S.E., M.Si sekaligus meresmikan Green House Desa datar. 

Tujuan diadakannya kegiatan ini diantaranya ialah diharapkan warga desa Datar dapat mengenal dan menerapkan HISTERIA guna mewujudkan kemandirian pangan masyarakat desa Datar. Dan harapan untuk kedepannya yaitu warga desa Datar diharapkan mampu membuat instalasi hidroponik dengan mandiri di halaman rumahnya, serta kegiatan HISTERIA ini dapat dijadikan salah satu ikon dalam jangka panjang desa dalam membuat agrowisata desa Datar, dan dijadikan program unggulan desa serta dapat membentuk kelompok mandiri atau lembaga yang berorientasi kemandirian pangan masyarakat.

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA