Artikel

MASA TA’ARUF VIRTUAL UMP 2020 & DEKLARASI MILLENIAL MUHAMMADIYAH MELAWAN COVID-19

PURWOKERTO - Ribuan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengikuti Masa Ta’aruf (Masta) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Deklarasi Virtual “Millenial Muhammadiyah Melawan Covid” pada hari Sabtu, 19 September 2020.

Masta IMM UMP dilakukan secara virtual melalui media Zoom, YouTube dan Instagram. Selain itu, masta ini menghadirkan mahasiswa baru perwakilan dari setiap fakultas yang ada di UMP.

Beberapa Tokoh Bangsa memberikan ucapan selamat secara virtual kepada mahasiswa baru, para tokoh tersebut seperti Haedar Nashir, Muhadjir Effendy, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Najwa Shihab.

Acara Masta menghadirkan Keynote Speaker dari Tokoh Nasional Prof. Dr. M. Din Syamsuddin, M.A., dan Enterprenneur, Staf Presiden RI 2018-2019 Fahd Pahdepie. Din Syamsuddin mengatakan enterpreneurship relevan dengan keadaan saat ini di tengah pandemi covid-19.

Gubernur jawa Tengah Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. menyempatkan waktunya di tengah kegiatannya bersepeda di Magelang untuk bergabung dengan acara Masta IMM UMP Virtual dan menyaksikan deklarasi. Deklarasi dipimpin langsung oleh Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho bersama Ganjar Pranowo, deklarasi melibatkan mahasiswa baru perwakilan dari setiap fakultas yang hadir di Auditorium Ukhuwah Islamiah UMP dan ribuan mahasiswa yang bergabung secara virtual di media Zoom, YouTube dan Instagram.

Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho memimpin Deklarasi milenial melawan Covid-19 siap mematuhi protocol kesehatan pada era Covid-19 dengan memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

“Kami milennial, siap bergotong royong mengatasi pandemi Covid-19, menjadi milenial cerdas, mengkampanyekan protokol kesehatan di sosial media. Kami milenial, siap menjadi relawan di tengah Covid-19. Menjadi milenial cerdas, mengampanyekan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat,” katanya.

Rektor mengajak kaum milenial untuk menjadi relawan Covid-19 mengingat kasus pandemi yang terus meningkat.

“Kami mengajak kepada kaum milenial dan seluruh masyarakat Indonesia. Pandemi harus Kita lawan dengan menjaga protokol kesehatan, dan terus menerus untuk mengampanyekan kepada masyarakat bagaimana pentingnya untuk terus menjaga kesehatan dengan menggunakan media sosial,” katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan selamat dan apresiasinya kepada mahasiswa baru yang telah membersamai dalam deklarasi millenial melawan covid-19.

“Selamat Belajar, Terima kasih atas deklarasinya, kampanyekan kepada teman-temanmu, pakai masker dengan baik, selalu jaga jarak, dan sering cuci tangan pakai sabun, itu saja agar menjadi hal yang lebih baik. Kita bisa menjadi tentara-tentara yang hebat, untuk bisa melawan covid, yang hebat-hebat adalah kalian semua mahasiswa baru dari UMP,” pungkasnya.

Pembina IMM UMP sekaligus Dosen Fakultas Agama Islam Makhrus, S.E.I., M.S.I memberikan motivasi untuk mahasiswa baru agar tetap semangat dalam belajar di tengah pandemi dan selalu waspada dalam berkegiatan. Pandemi seharusnya tidak menyurutkan semangat berkuliah dan berorganisasi. Mahasiswa dapat tetap berorganisasi misalnya mengikuti organisasi Otonom Muhammadiyah seperti IMM, Tapak Suci (TS), Hisbul Wathan (HW), maupun mengikuti Kokam UMP.

(Anggit)

ARTIKEL

Sistem Informasi

Social Media

Unit BKA