Artikel

Wakil Rektor III, Ir. Aman Suyadi, M.P., : Prestasi Mahasiswa Harus Seimbang

Menilik prestasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di usia 53 tahun tidak terlepas dari bidang kemahasiswaan dan alumni. Prestasi yang telah diraih tidak lain karena pola manajemen Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir Aman Suyadi MP. yang membidanginya. Sejak menjalankan amanah sebagai WR 3 di tahun 2015 lalu, telah banyak menghasilkan prestasi sebagai simbol kemajuan bidangnya.

Prestasi yang diperoleh mahasiswa disampaikan oleh Ir. Aman Suyadi MP harus sejalan dengan visi UMP yang berkomitmen untuk selalu Unggul, Modern, dan Islami. “UMP memilki keunggulan prestasi baik di bidang akademik dan non akademik meskipun, prestasi yang diperoleh mahasiswa memerlukan proses yang panjang dan ketekunan berlatih,” ungkapnya.

Darisitulah WR 3 memiliki berbagai upaya guna menjadikan mahasiswa memiliki prestasi akademik dan non akademik. Persiapan yang dilakukan universitas untuk menyiapkan bibit unggul yaitu dengan sistem perekrutan mahasiswa untuk mengetahui kompetensinya, memberikan pendampingan di Unit Kegiatan Mahasiswa dan Lembaga Mahasiswa, dan melakukan monitoring disetiap prodi untuk mengetahui bibit unggul.

“Langkah-langkah seperti itu sangat efektif untuk mengoptimalkan kemampuan mahasiswa sehingga dapat berprestasi di bidang akademik maupun non akademik,” ungkap Ir. Aman Suyadi MP.

Selain langkah yang telah disebutkan oleh Ir. Aman Suyadi MP., harum semerbak prestasi mahasiswa di  bidang akademik dan non akademik menurutnya merupakan capaian yang telah direnacakan dengan matang. Rencana tersebut terbagi melalui menejemen kesejahteraan mahasiswa, minat bakat dan penalaran mahasiswa.

Praktiknya, menejemen kesejahteraan yang dilakukan UMP dengan memberikan beasiswa, asuransi, dan jaminan kesehatan. Begitu pula dalam mengembangkan minat bakat, UMP telah memberikan wadah berupa UKM dan lembaga untuk mahasiswa berkarya. Sedangkan dalam bidang penalaran, mahasiswa difasilitasi untuk dapat mengaplikasikan disiplin ilmunya melalui riset dan inovasi penemuan.

Kampus Pencetak Prestasi Akademik dan Non Akdemik

Kampus menurut Ir. Aman Suyadi MP memiliki peran yang besar dalam mengantarkan mahasiswa memiliki prestasi akademik dan non akademik. Hal ini karena, UMP telah memfasilitasi secara utuh untuk mahasiswa berprestasi. UMP memberikan ruang gerak yang luas untuk meahasiswa mengembangkan kemampuan akademik dan non akademik. Mewadahi mahasiswa untuk berkarya melalui lembaga atau unit kegiatan mahasiswa, memfasilitasi mahasiswa untuk berkembang di ranah nasional maupun internasional, dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa dengan beasiswa.

Dalam bidang non akademik, UMP telah menorehkan prestasi mahasiswa melalui atlet UMP yang bertanding dan berhasil mengharumkan almamater di ranah nasional. Seperti empat atlet UMP yang menunjukan kebolehannya di Pekan Olahraga Nasional (PON), juara umum di Pekan Olahraga Jateng Rayon 3, juara 2 tingkat nasional Paduan Suara Mahasiswa di STAN, dan  berhasil juara dalam Kejuaraan Nasional Wasit dan Juri Open Championship 1 (KNWJOP 1) di Kota Sukabumi.

Selain itu, lanjut Ir. Aman Suyadi MP. , komitmen prestasi non akademik UMP tidak tertinggal. Ini dibuktikan dengan  diboyongnya tropi juara dari lomba Competition of Accounting di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta oleh mahasiswa Program Studi Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMP. Prestasi akademik lainnya, UMP berhasil menembus ONMIPA di Surabaya dan tidak henti mahasiswa Teknik Sipil beberapa kali membuktikan kualitas akademik dalam lomba inovasi beton.

Ketercapaian prestasi akademik dan non akademik mahasiswa UMP, harapanya dapat memotivasi seluruh mahasiswa dan calon mahasiswa UMP untuk semakin berprestasi di tingkat nasional maupun global. (sulis)

Sistem Informasi

Social Media