Detail Berita

HIMATIKA UMP Gelar Lomba Matematika Ke XXIV


himatika_ump_gelar_lomba_matematika_ke_xxiv.png

Font Size - + T
Dibaca 695 pengunjung

Matematika tidak bisa lepas dari kehidupan setiap hari, ilmu hitung ini digunakan hampir pada setiap aspek lingkungan dimana manusia hidup. Meskipun demikian sebagian orang masih menganggap matematika sebagai momok yang menakutkan karena tingkat kesulitannya. Maka Sebagai upaya mengatasi hal itu  Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar Lomba Matematika se-Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mengangkat tema “Melalui Kompetensi Kita Ciptakan Generasi Matematika Berkarakter” Lomba Matematika ke 24 ini bertempat di Auditorium Ukuwah Islamiyah UMP, Minggu (24/2).

Hadir dalam acara ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Anjar Nugroho, S.Ag  M.S.I, yang skaligus membuka acara, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Drs. Joko Purwanto, M.Si, Kaprodi Pendidikan Matematika UMP Chumaedi Sugihandardji, S.Si., M.Si, serta perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng dan Daerah Banyumas. Acara berlangsung meriah, tercatat 469 peserta yang terdiri dari 167 Peserta Tingkat SD, 187 Peserta Tingkat SMP, dan 125 Peserta Tingkat SMA hadir dalam Lomba. Tidak ketinggalan penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) GASEBU dan Teater Perisai yang menyajikan tari Gambyong dan Teatrikal berjudul “Pilbup Wedangmas” menambah semarak acara.

Lomba Matematika ke 24 memperebutkan Piala bergilir Gubernur Jateng dan hadiah total 21 juta, acara yang menjadi agenda tahunan HIMATIKA ini di bagi menjadi 3 babak. Di babak pertama seluruh peserta yang terbagi menjadi 3 kategori SD, SMP, dan SMA mengikuti tes penyisihan hingga diperoleh 10 terbaik. Di babak kedua peserta yang tersisa harus bersaing untuk dapat masuk ke 5 besar terbaik dan melanjutkan ke babak ketiga.

Meskipun demikian ada yang berbeda pada Lomba Matematika tahun ini, di babak ketiga finalis tidak hanya sekedar memberikan jawaban kepada juri, tapi juga diminta mengerjakan soal dipapan tulis dan mempresentasikan hasil garapannya. Selain itu persaingan semakin sengit ketika panitia menyediakan ruang isolasi bagi tiap finalis sebelum dan sesudah mengerjakan soal di babak ketiga. Tujuannya agar setiap peserta lebih konsentrasi dalam belajar dan mampu mengerjakan soal dengan kemampuan mereka sendiri. Namun demikian SMP Kristen Tri Tungga Semarang mampu mempertahankan gelarnya sebagai juara 1 Tingkat SMP. Sedangkan di tingka SMA juara satu diraih SMA St. Bernardus Pekalongan dan di tingkat SD juara 1 diraih SD N 2 Sokanegara.

Pada kesempatan lain Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Drs. Joko Purwanto, M.Si yang juga dosen di Program Studi (prodi) Pendidikan Matematika UMP menyampaikan, “Lomba itu paling tidak ada dua sasaran yang ingin di capai. Pertama, bagaimana memasarkan Matematika sejak dari SD hingga SMA. Kedua, bagaimana mendidik siswa agar tertarik dengan Matematika sehingga diharapkan nanti akan jadi bekal mereka.” Ia menambahkan ketika berbicara perjalanan Lomba Matematika HIMATIKA selama 24 tahun itu memang usia yang cukup lama. Namun meskipun demikian setiap tahunnya tentu pelaksanaannya dikelola oleh mahasiswa baru. “Tentu setiap tahunnya selalu ada inovasi yang dilakukan mahasiswa ditambah lagi pada tahun ini piala bergilir datang dari Gubernur Jawa Tengah. Artinya Gubernur pun memberi respon yang positif pada lomba ini,” kata dosen Matematika ini. (Ald/Hum)

Sumber : http://ump.ac.id


Tanggal Kegiatan
11 April 2014 Rektor Cup 2014
14 Mei 2014 Kursus Mahir Dasar 2014
18 Mei 2014 Gema PBSI
26 Mei 2014 Rektor Cup 2014
08 Juni 2014 Study pentas Angkatan 2013

Biro Kemahasiswaan dan Alumni

Gedung Pusat lt.1 sayap timur

Kampus I Jl.Raya Dukuhwaluh PO Box 2012

Purwokerto

Telp: (0281)636751, 630463, 634424 ext. 496

Fax: (0281) 637239

e-mail: kemahasiswaan@ump.ac.id

e-mail: kemahasiswaan_ump@yahoo.com

e-mail: birokemahasiswaan.ump@gmail.com

website: http://kemahasiswaan.ump.ac.id

 

 

 WEB SERVICE                               

 

Hits Hari ini : 476
Pengunjung Hari ini : 94
Total Hits : 94301
Total Pengunjung : 17548