Artikel

Tentangn SM@RT dari Yuni Dwiyanti (Farmasi)

SM@RT

(Softkills Management and Resolution Training)

 

 

                        Hari pertama, langsung mendapatkan sebuah materi yang penting yaitu kita harus menjemput yang namanya sukses bukan menunggu sukses datang pada kita. Jika kita hanya menunggu datangnya sukses tanpa adanya tindakan sama saja seperti kita menginginkan sesuatu barang tapi kita diam saja tanpa adanya tindakan maka kita tidak mendapatkan apa-apa.

 

                        Pelatihan softkills menggunakan 3 macam permainan yaitu ada Interpersonal Games, Interpersonal Games dan Organizational Games. Pertama Interpersonal Games, nilai softkills yang didapat adalah kerjasama dan kompak (melatih kita kompak dan saling membantu untuk mencapai suatu tujuan yang sama); aktif (melatih untuk aktif berfikir kritis menghadapi masalah atau tantangan); sabar ( menghadapi suatu tantangan dan kunci dari sukses); komunikasi (menghubungkan kita agar saling membantu); dan masih banyak lagi. Games yang dimainkan yaitu memindahkan bola dan gelas, dan juga menyusun SM@RT dari sedotan tanpa melihat dimainkan secara berkelompok. Kedua Interpersonal Games, nilai softkills yang didapat adalah konsentrasi dan fokus (melatih kita fokus dengan tujuan kita yang akan kita lakukan). Games yang dimainkan samurai dan up down. Ketiga Organizatinal Games, nilai sofkills yang didapat adalah kerjasama. Games yang dimainkan bola gila.

 

                        Selain yang diatas ada kegiatan SIPO “Sinergi Positif” kita juga dapat mengenali diri sendiri dengan cara kita menulis apa yang sudah kita lakukan 1 perbaikan terhadap diri sendiri. Kemudian nilai apa yang bisa kita ambil dari lebah dan lalat. Nilai yang di dapat dari lebah seperti kerjasama, kompak, sabar, dan pekerja keras untuk mencapai suatu tujuan bersama. Dari seekor lalat nilai yang dapat kita ambil adalah tidak meremehkan orang lain atau makhluk lain. Walaupun lalat terkenal jorok tapi lalat bisa menjadi indikasi suatu pencemaran kemudian dikenalkan dengan salam “SIPO” (Sinergi Positif) yaitu miliki niat yang baik, punya mimpi yang besar, optimalkan positif dalam segala hal. Dan menuliskan impian dan tidak meremehkan suatu mimpi.

 

                        Hari kedua, SM@RT langsung diisi dengan materi-materi yang menarik yang akan menyakinkan lebih dalam siapa diri kita. Makna softkills yang sebenarnya dan apa kegunaan dari softkills dalam kehidupan. Softkills adalah suatu kemampuan yang terdapat pada diri sendiri tidak dicatat di materi perkuliahan. Dan dari itu kita dapat menarik kesimpulan bahwa setiap orang memiliki softkills yang berbeda. Kegunaan dari softkills sendiri untuk kehidupan kita adalah mempermudah kita dalam mencari dan mendapatkan suatu pekerjaan, dan ada penunjang dari softkills untuk berkembang seperti IQ, EQ, AQ, dan selanjutnya.

 

                        Kemudian kita memperdalam rukun islam untuk menunjang kita dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari syahadatan adalah sebuah pengikat dan keyakinan seorang muslim. Seorang muslim haruslah mengerti makna dari 2 kalimat syahadat dan menyakininya. Syahadat harus diyakini dalam hati dan lisan, yaitu yakin bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul Allah. Syahadatan membangun komitmen mahasiswa muslim menuju sukses. Selanjutnya sholat dapat membangun karakter seorang muslim yang sejati. Seorang muslim sejati tidak akan melewatkan shalat di masjid berjamaah kemudian puasa, membantu melatih kesabaran dan tawakal. Berdasarkan penelitian puasa memiliki manfaat lebih untuk kesehatan. Zakat berfungsi untuk membersihkan diri sendiri. Dan terakhir haji bagi yang mampu, haji sebagai sebuah revolusi diri sendiri (perubahan diri). Seseorang setelah haji lebih baik dari sebelumnya. Seorang haji memiliki nilai peduli sosial yang tinggi, dan dapat menebarkan kebaikan sehingga kita menjadi seorang muslim yang sejati. Pengendalian diri berupa jujur, disiplin, dan lain-lain. Kita mampu teguh dalam menghadapi cobaan, memiliki empati terhadap sesama, kecerdasan dalam melakukan setiap tindakan yang akan dilakukan.

 

                        SM@RT tahun 2016 menggunakan beberapa Cofast yang diseleksi khusus sebagai tim pendamping Fasilitator yang bertugas tidak hanya mendampingi peserta tetapi mereka juga dilatih untuk dapat berinteraksi langsung melalui permainan Experiental Learning Inten, intra dan organisasionaltetapi mereka juga melakukan peran dalam kegiatan SIPO “Sinergi Positif” melalui workbook ini akan digunakan sebagai syarat untuk mengikuti training lanjutan yaitu “SUCCES TRAINING”.        

 

                        Dan selain diatas, hal yang terpenting yang dapat kita ambil adalah tidak membedakan teman, lebih memperdalam islam dan lebih yakin lagi terhadap apa yang akan kita capai.

 

Sistem Informasi

Social Media

Pengunjung

25848
TodayToday66
YesterdayYesterday446
This_WeekThis_Week1739
This_MonthThis_Month6720
All_DaysAll_Days25848

Kontak Kami

Biro Kemahasiswaan dan Alumni

Gedung Serbaguna Lantai II

Kampus I Jl.Raya Dukuhwaluh PO Box 2012

Purwokerto

Telp: (0281)636751, 630463, 634424 ext. 496

Fax: (0281) 637239

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

website: http://kemahasiswaan.ump.ac.id